PENERAPAN BUKU SAKU MASTERCAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN

ANDI, SETIAWAN (2015) PENERAPAN BUKU SAKU MASTERCAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
ANDI SETIAWAN 11503247005.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN BUKU SAKU MASTERCAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN Oleh: Andi Setiawan NIM. 11503247005 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk: meningkatkan keaktivan siswa dan kompetensi belajar siswa kelas XII TPB SMK N 2 Depok selama proses pembelajaran mata pelajaran CNC, dengan menggunakan media buku saku Mastercam untuk pemrograman mesin CNC. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua kali putaran (siklus). Setiap pertemuan menggunakan langkah-langkah: plan, action, observation dan reflektif. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ada 16 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan, lembar penilaian praktik dan tes hasil belajar. Data keaktivan siswa diperoleh melalui observasi kelas dan dianalisis untuk membandingkan tingkat keaktivan siswa pada setiap siklus. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes dan unjuk kerja kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan peningkatkan keaktivan siswa dari 40,6 % pada siklus I menjadi 86,9 % pada siklu II, serta dapat meningkatkan pencapaian kompetensi siswa dari 7,42 siklus I menjadi 8,34 pada siklus II, dan nilai rata-rata praktik mengoperasikan mesin CNC frais dengan sistem kontrol GSK 983 MV yang semula 0 pada awal menjadi 82,5 pada siklus I serta meningkat menjadi 87,5 pada siklus II. Cara mengimplementasikan proses pembelajaran sebagai berikut: 1) Merancang lay out kelas, agar nyaman untuk menunjang proses pembelajaran, 2) Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan sesuai petunjuk pengguna buku saku, 3) Merencanakan materi yang akan disampaikan, 4) Merencanakan jam pembelajaran, agar efektif dan efisien dalam proses pembelajaran, 5) Menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran serta penilaian pada siswa, 6) Memberikan gambaran materi secara nyata dengan memberikan contoh praktek dan pengenalan serta penggunaan mesin yang digunakan, 7) Melakukan pembagian kelompok praktek untuk meningkatkan kerjasama antar siswa, 8) Melakukan diskusi dengan siswa tentang hambatan dan permasalahan yang dialami dalam proses pembelajaran, 9) Memberikan motivasi pada siswa dengan penggambaran kerja nyata pada dunia kerja industri, 10) Memberikan tugas pada siswa sebagai upaya peningkatan belajar mandiri siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku saku Mastercam untuk pemrograman mesin CNC pada mata pelajaran CNC dapat meningkatkan aktivitas siswa dan kompetensi belajar siswa kelas XII TPB SMK N 2 Depok. Kata kunci : buku saku, aktivitas siswa, kompetensi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Jun 2015 08:47
Last Modified: 29 Jan 2019 23:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19725

Actions (login required)

View Item View Item