PENGEMBANGAN JOB SHEET TEKNIK KERJA BENGKEL ELEKTRONIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 WONOSARI, GUNUNGKIDUL

ANANG, PRASETYO (2015) PENGEMBANGAN JOB SHEET TEKNIK KERJA BENGKEL ELEKTRONIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 WONOSARI, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Anang Prasetyo 11502241018.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN JOB SHEET TEKNIK KERJA BENGKEL ELEKTRONIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 WONOSARI, GUNUNGKIDUL Oleh : Anang Prasetyo NIM. 11502241018 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Melakukan langkah-langkah pengembangan job sheet praktik teknik kerja bengkel elektronika untuk kelas X di SMK Negeri 2 Wonosari; (2) Mengetahui kelayakan job sheet praktik teknik kerja bengkel elektronika yang telah dibuat untuk kelas X di SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D models dengan empat tahapan pokok yaitu, (1) Pendefinisian (Define); (2) Perancangan (Design); (3) Tahap pengembangan (Develop); (4) Tahap penyebaran (Disseminate). Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Dalam penelitian pengembangan ini digunakan instrumen berupa angket atau kuesioner untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pengembangan Job Sheet sesuai dengan model pengembangan 4-D Models; dan (2) Berdasarkan hasil penilaian ahli media yang meliputi aspek tampilan, kemudahan penggunaan, konsistensi, format, dan kegrafikan mencapai nilai rata-rata 87,5 dengan presentase 87,5% (sangat layak). Berdasarkan hasil penilaian ahli materi yang mencakup aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek sajian, dan aspek manfaat mencapai nilai rata-rata 99,5 dengan presentase 80% (layak). Berdasarkan respon siswa memperoleh nilai rata-rata 107,16 dengan presentase 86% (sangat baik). Kata kunci : Pengembangan, Job Sheet, Teknik Kerja Bengkel Elektronika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 May 2015 07:05
Last Modified: 29 May 2015 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19718

Actions (login required)

View Item View Item