MUATAN NILAI-NILAI DALAM BUKU SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Dwiframono, Dhamar Puspito (2015) MUATAN NILAI-NILAI DALAM BUKU SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DHAMAR PUSPITO PBSI-07 [MUATAN NILAI-NILAI DALAM BUKU SISWA].pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah mendeskripsikan bentuk nilai- nilai yang termuat di dalam buku siswa Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP dari segi nilai sikap religus dan sikap sosial. Metode penelitian ini menerapkan penelitian deskriptif jenis analisis isi. Objek dan sumber data penelitian yaitu dokumen buku siswa kelas VII mata pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs K-13 yang diterbitkan oleh Kemdikbud tahun 2013. Instrumen pengumpulan data menggunakan check list dan catatan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian kajian ini menunjukkan bahwa buku siswa kelas VII mata pelajaran bahasa Indonesia SPM/MTs K-13, mengandung muatan nilai-nilai karakter sikap religius dan sikap sosial. Namun muatan tersebut tidak menyeluruh dalam isi setiap bab, dan tidak dilengkapi dengan penjelasan contoh penerapan nilai-nilai karakter. Bentuk nilai-nilai karakter hanya disebut sebagai kata dalam kalimat. Jumlah pemunculan nilai-nilai karakter dalam sikap sosial sebanyak 65 kali, lebih tinggi dibandingkan sikap religius yang hanya 27 kali. Bentuk nilai karakter dalam sikap religius, yaitu: berupa kata yang menyebut nama Tuhan, sifat Tuhan, ibadah dan mensyukuri nikmat Tuhan. Pada sikap sosial terdapat dalam seluruh isi bab kecuali bab VII, namun hanya disebut sebagai kata dalam kalimat dan tidak ada contoh penerapan dalam perilaku. Bentuk nilai karakter dalam sikap sosial yang sering muncul: cinta lingkungan, bertanggung jawab, menjaga dan kekompakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 29 May 2015 07:05
Last Modified: 29 Jan 2019 23:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19694

Actions (login required)

View Item View Item