PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Alwan Salim, Junaedi (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Alwan Salim Junaedi 09502241026.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 YOGYKARTA Oleh: Alwan Salim Junaedi NIM. 09502241026 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realisasi pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknik Listrik dengan pokok bahasan materi Hukum Ohm, Hukum Kirchoff, rangkaian seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran untuk siswa kelas X TAV di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan tahapan pengembangan meliputi tahap analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk tahap I, uji coba produk, revisi produk tahap II, uji coba pemakaian, revisi produk tahap III, dan produksi. Media pembelajaran ini dikembangakan dengan menggunakan software Adobe Flash CS6. Adapun validator media pembelajaran terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli media. Subyek uji coba produk terdiri dari 12 siswa, sedangkan subyek uji coba pemakaian terdiri dari 48 siswa kelas X TAV SMK Negeri 2 Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket skala likert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknik Listrik telah berhasil dikembangkan dengan materi pelajaran terdiri dari Hukum Ohm, Hukum Kirchoff, rangkaian seri, rangkaian paralel dan rangkaian campuran. Media pembelajaran tersebut sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk siswa kelas X TAV di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif diperoleh dari validator ahli materi sebesar 4.46 pada kategori sangat layak, ahli media sebesar 4.44 pada kategori sangat layak, uji coba produk sebesar 4.03 pada kategori layak, dan uji coba pemakaian sebesar 4.24 pada kategori sangat layak. Kata Kunci : Media, Pembelajaran, Pengembangan, Interaktif, Kelayakan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 29 May 2015 02:35
Last Modified: 29 Jan 2019 23:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19679

Actions (login required)

View Item View Item