MOTIVASI PENGGUNAAN INTERNET SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Khabib, Masthur (2015) MOTIVASI PENGGUNAAN INTERNET SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MASTHUR.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi penggunaan internet dalam pembelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta, (2) mengetahui prestasi belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta, (3) mengetahui hubungan antara motivasi penggunaan internet dalam pembelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) dengan prestasi belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian Ex-post facto. Sampel penelitian ini berjumlah 115 siswa dari jumlah populasi sebanyak 162 siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. Validitas instrumen diuji dengan expert judgement dan uji empiris menggunakan rumus Product Moment dan analisis butir soal. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan rumus Alpha Cronbach dan KR20. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji persyaratan analisis dan analisis korelasi Product Moment dengan bantuan komputer program Microsoft Excel 2007 dan SPSS seri 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi penggunaan internet dalam pembelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 65,38, (2) prestasi belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 27,43, (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi penggunaan internet dalam pembelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) dengan prestasi belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,594 dan termasuk pada kategori sedang. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa korelasi tersebut signifikan karena t hitung lebih besar dari t tabel (7,849 > 2,00) pada taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 29 May 2015 02:20
Last Modified: 29 Jan 2019 23:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19676

Actions (login required)

View Item View Item