KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGGUNAAN SARANA PRAKTIK TERHADAP KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA PADA MATA DIKLAT MOTOR BENSIN JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 ENDE

Martinus Rua, Raki (2015) KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGGUNAAN SARANA PRAKTIK TERHADAP KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA PADA MATA DIKLAT MOTOR BENSIN JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 ENDE. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MARTINUS_RUA_RAKI 08504245022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGGUNAAN SARANA PRAKTIK TERHADAP KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA PADA MATA DIKLAT MOTOR BENSIN JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 ENDE Oleh Martinus Rua Raki 08504245022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan 1).Untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap keterampilan praktik siswa pada mata diklat praktik motor bensin Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Ende, 2).Untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan sarana praktik terhadap keterampilan praktik siswa pada mata diklat praktik Motor Bensin Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Ende, 3).Untuk mengetahui kontribusi persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan penggunaan sarana praktik terhadap keterampilan praktik siswa pada mata diklat Motor Bensin Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Ende. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional, dengan disain penelitian expost facto. Sumber data pada penelitian ini siswa kelas 2 TKR A dan 2 TKR B Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Ende sebanyak 65 orang. Pengumpulan data menggunakan angket digunakan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru serta data persepsi siswa tentang penggunaan sarana praktik. Lembar dokumentasi digunakan untuk mengetahui data keterampilan praktik siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda. Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas data, uji linearitas dan uji multi linearitas. Berdasarkan analisis data diketahui, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap variabel keterampilan praktik siswa dalam mata diklat Motor Bensin program keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Ende dengan rhitung sebesar = 0,551 dengan taraf signifikan 5 %. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel persepsi siswa tentang penggunaan sarana praktik terhadap keterampilan praktik siswa dalam mata diklat Motor Bensin program keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Ende dengan rhitung sebesar = 0,436 dengan taraf signifikan 5 %. Secara bersama – sama terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan penggunaan sarana praktik terhadap keterampilan praktik siswa dalam mata diklat Motor Bensin program keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Ende dengan Rhitung = 0,662 dengan tingkat keteratan hubungan kuat dan persamaan garis regresi ganda adalah Y = 46,99 + 0,205 X1 + 0,221 X2 serta dengan dengan kontribusi sebesar 43,9 % dan sisanya sebanyak 54,1 % dipengaruhi oleh vaktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 29 May 2015 02:12
Last Modified: 29 Jan 2019 22:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19674

Actions (login required)

View Item View Item