PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH MX UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MELIHARAAN/ SERVIS SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR BENSIN PADA SISWA KELAS XII SMK TAMAN SISWA JETIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Akhid, Kurniawan (2015) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH MX UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MELIHARAAN/ SERVIS SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR BENSIN PADA SISWA KELAS XII SMK TAMAN SISWA JETIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AKHID KURNIAWAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH MX UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MELIHARAAN/ SERVIS SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR BENSIN PADA SISWA KELAS XII SMK TAMAN SISWA JETIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh : Akhid Kurniawan NIM : 08504247012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar dan meningkatan aktivitas dan motivasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Tamansiswa, Jetis, Yogyakarta pada standar kompetensi teori sistem injeksi bahan bakar melalui penerapan metode penggunaan media berbasis informasi dan hiburan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas ( PTK), yang pada prosesnya menerapkan metode penggunaan media berbasis informasi dan hiburan. PTK ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu planning, acting, observing dan reflecting. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XII MB di SMK Tamansiswa dengan jumlah 30 siswa. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 3 siklus, planning siklus I didasarkan pada studi pendahuluan, acting penelitian dilakukan di kelas teori dengan menggunakan media Macromedia Flash MX dimana setiap siswa menggunakan komputer masing masing yang berisi multimedia interaktif dalam mempelajari materi, observing dilakukan untuk menghitung aktivitas belajar dan memberi pretest sebelum penelitian. Planning siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus I, pelaksanaan penelitian di kelas dengan menambah LCD sebagai pendukung penjelasan guru dan mengaktifkan siswa dengan presentasi dan tanya jawab. Observing dilaksanakan untuk merekam data aktivitas dan prestasi belajar selama penelitian. Planning siklus III disusun berdasarkan refleksi siklus II, pelaksanaan penelitian di kelas dengan menambah guru pendamping. Observing dilaksanakan untuk merekam data aktivitas dan member postest. Hasil dari siklus III kemudian direfleksikan sebagai hasil penelitian. Aspek yang diteliti meliputi aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar selama proses belajar dan mengajar (pretest dan postest). Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan hasil. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa di kelas pada proses siklus I yaitu 32,33%, siklus II sebesar 39,5%, dan siklus III sebesar 49% sehingga rata-rata peningkatan aktivitas 8.335%.. Sedangkan rata-rata peningkatan prestasi belajar dari pretest ke postest adalah 21,5 %. Hasil rerata pretest dan postest jumlah nilai ≥ 7.0 dari 16 orang menjadi 21 orang. Kata kunci : PTK, multimedia interaktif, aktivitas belajar, kualitas belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 29 May 2015 01:55
Last Modified: 29 Jan 2019 22:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19670

Actions (login required)

View Item View Item