HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGRI 3 KLATEN

Sutekno, Sutekno (2015) HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGRI 3 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI sutekno 10601249008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 3 Klaten tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 276 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 73 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportional sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengukuran kesegaran jasmani dengan menggunakan TKJI usia 13-15 tahun, status sosial ekonomi menggunakan quisoner dan dokumentasi nilai raport siswa untuk mengukur prestasi belajar siswa. Analisis data menggunakan korelasi product momen dan dilanjutkan regresi ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Klaten. Dibuktikan dari nilai r hitung lebih kecil dari r tabel (0,962<1,994) (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Klaten. Dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (2,399>1,994). (3) Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara tingkat kesegaran jasmani dan status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Klaten. Ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) 0,683, koefisien determinasi sebesar 0,83 dan Fhitung sebesar 3,180 (F hitung sebesar 3,180 > F tabel 5% sebesar 3,126

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 29 May 2015 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 22:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19654

Actions (login required)

View Item View Item