SUSANTI, ARINI (2013) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
Geo 09405241009 ARINI SUSANTI Halaman Depan.swf - Published Version Download (2MB) |
|
Other (FIS Digital)
Geo 09405241009 ARINI SUSANTI abstrak.swf - Published Version Download (39kB) |
|
Other (FIS Digital)
Geo 09405241009 ARINI SUSANTI BAB I [pisah].swf - Published Version Download (53kB) |
|
Other (FIS Digital)
Geo 09405241009 ARINI SUSANTI BAB II [pisah].swf - Published Version Download (129kB) |
|
Other (FIS Digital)
Geo 09405241009 ARINI SUSANTI BAB III [pisah].swf - Published Version Download (162kB) |
|
Other (FIS Digital)
Geo 09405241009 ARINI SUSANTI BAB IV.swf - Published Version Download (1MB) |
|
Other (FIS Digital)
Geo 09405241009 ARINI SUSANTI BAB V + Daftar Pustaka.swf - Published Version Download (74kB) |
|
Other (FIS Digital)
Geo 09405241009 ARINI SUSANTI FIX LAMPIRAN.swf - Published Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan Cooperative Learning Teknik Kancing Gemerincing di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Banguntapan karena partisipasi aktif dan prestasi belajar siswa di kelas tersebut masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Banguntapan sebanyak 19 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Dalam satu siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila rata-rata persentase indikator partisipasi aktif siswa mencapai 75% dan apabila 75% dari siswa kelas XI IPS 3 memiliki nilai minimal 76 pada mata pelajaran Geografi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan Cooperative Learning Teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan partisipasi aktif dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Geografi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Banguntapan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator partisipasi aktif siswa setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase indikator partisipasi aktif siswa adalah 63,08%. Pada siklus II menjadi 78,64% atau mengalami peningkatan sebesar 15,56%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator partisipasi aktif siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%; 2) Penerapan Cooperative Learning Teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 31,57% meningkat menjadi 94,73% pada siklus II. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (76) telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kata Kunci: Cooperative Learning Teknik Kancing Gemerincing, Partisipasi Aktif Siswa, Prestasi Belajar Siswa, Pembelajaran Geografi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Geografi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Geografi FIS |
Date Deposited: | 28 May 2015 07:04 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19644 |
Actions (login required)
View Item |