IDENTIFIKASI GERAKAN MASSA (MASS MOVEMENT) TERHADAP KERUSAKAN JALAN RAYA SUKOREJO – WELERI KILOMETER 6 – 16 KABUPATEN KENDAL JAWA TENGAH

Widiyatmoko, Wahyu (2013) IDENTIFIKASI GERAKAN MASSA (MASS MOVEMENT) TERHADAP KERUSAKAN JALAN RAYA SUKOREJO – WELERI KILOMETER 6 – 16 KABUPATEN KENDAL JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. Halaman Depan Geo 09405241031 Wahyu Widiyatmoko.swf - Published Version

Download (782kB)
[img] Other (FIS Digital)
2. Abstrak Geo 09405241031 Wahyu Widiyatmoko.swf - Published Version

Download (34kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. BAB I Geo 09405241031 Wahyu Widiyatmoko.swf - Published Version

Download (58kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. BAB II Geo 09405241031 Wahyu Widiyatmoko.swf - Published Version

Download (715kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. BAB III Geo 09405241031 Wahyu Widiyatmoko.swf - Published Version

Download (95kB)
[img] Other (FIS Digital)
6. BAB IV Geo 09405241031 Wahyu Widiyatmoko.swf - Published Version

Download (5MB)
[img] Other (FIS Digital)
7. BAB V Geo 09405241031 Wahyu Widiyatmoko.swf - Published Version

Download (47kB)
[img] Other (FIS Digital)
8. Lampiran Geo 09405241031 Wahyu Widiyatmoko.swf - Published Version

Download (852kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Karakteristik gerakan massa pada setiap bentuk lahan yang meliputi tipe gerakan, jumlah, dan distribusi keruangan berdasarkan aspek morfologi dan morfogenesa pada daerah penelitian. (2) Faktor yang menjadi penyebab dan pemicu pada setiap gerakan massa di daerah penelitian. (3) Jenis kerusakan jalan yang terjadi pada setiap gerakan massa di daerah penelitian berdasarkan aspek morfoaransemen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penetian ini adalah lahan yang berada di sekitar jalan raya Sukorejo-Weleri Km 6-16 seluas 559 ha. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah tempat-tempat yang terlihat mengalami gerakan massa pada daerah penelitian menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pengukuran lapangan, dan pengumpulan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis tetangga terdekat, dan analisis tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gerakan massa yang terjadi pada daerah penelitian terdiri atas tiga tipe gerakan massa, yaitu longsor rotasional, rayapan dan jatuhan. Jumlah longsor rotasional adalah sepuluh kejadian, rayapan enam kejadian, dan jatuhan empat kejadian. Pola distribusi gerakan massa yang ditemui di daerah penelitian adalah menyebar. (2) Gerakan massa tipe longsor rotasional disebabkan oleh kemiringan lereng termasuk miring-curam, solum tanah yang tebal, terdapat kekar, dan batuan yang melapuk sangat lanjut. Pemicu utamanya adalah pemotongan kaki perbukitan. Gerakan massa tipe rayapan disebabkan oleh kemiringan lereng miring-curam dan adanya kembang kerut pada tanah. Pemicu utamanya adalah pembuatan teras bangku. Gerakan massa tipe jatuhan terjadi karena kemiringan lereng curam-sangat curam dan banyak terdapat rekahan pada batuan. Pemicunya adalah air hujan yang masuk melalui rekahan. (3) Kerusakan jalan yang disebabkan oleh longsor rotasional adalah timbunan material dan amblesan, rayapan berupa retakan dan jalan bergelombang, jatuhan berupa timbunan batuan. Kata kunci: gerakan massa, jalan raya, kerusakan jalan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 28 May 2015 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 22:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19631

Actions (login required)

View Item View Item