TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN

Turvina Endang Purwaningsih, Endang Purwaningsih (2015) TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TURVINA ENDANG PURWANINGSIH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Anak pondok pesantren cenderung kurang dalam kegiatan olah gerak, dikarenakan pondok pesantren lebih mengutamakan kependidikan dibidang keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik siswa kelas 1 sekolah dasar di pondok pesantren Sunan Pandanaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 sekolah dasar di pondok pesantren Sunan Pandanaran, dengan jumlah keseluruhan adalah 34 anak yang terdiri dari 18 lakilaki dan 16 perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan motorik, yang terdiri dari 5 item tes, yaitu lari bolak balik,lari jarak pendek 20 meter, tendang bola ke dinding, lempar bola tennis ke dinding, dan lempar bola softball. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diperoleh kemampuan motorik siswa kelas 1 sekolah dasar di pondok pesantren Sunan Pandanaran secara keseluruhan adalah berbeda. Secara rinci, sebanyak 1 siswi (6.25%) mempunyai kemampuan motorik kurang sekali, 4 siswi (25%) mempunyai kemampuan motorik kurang, 6 siswi (18.75%) mempunyai kemampuan motorik sedang, 3 siswi (18.75%) mempunyai kemampuan motorik baik dan 2 siswi (12.5%) mempunyai kemampuan motorik sangat baik. Sebanyak 0 siswa (0%) mempunyai kemampuan motorik kurang sekali, 8 siswa (44.44%) mempunyai kemampuan motorik kurang, 4 siswa (22.22%) mempunyai kemampuan motorik sedang, 4 siswa (22.22%) mempunyai kemampuan motorik baik dan 2 siswa (11.11%) mempunyai kemampuan motorik sangat baik. Kesimpulan yang didapat bahwa kemampuan motorik siswa kelas 1 sekolah dasar di pondok pesantren Sunan Pandanaran berbeda-beda, atau bervariasi, dari yang kurang sekali sampai yang sangat baik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 28 May 2015 23:59
Last Modified: 29 Jan 2019 22:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19626

Actions (login required)

View Item View Item