PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN EDMODO PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA

Adlhiah, Aini Qismatul (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN EDMODO PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aini Qismatul Adlhiah.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran fisika dengan menggunakan Edmodo yang layak digunakan pada pembelajaran materi pokok teori kinetik gas untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 dan (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 setelah mengikuti pembelajaran materi pokok teori kinetik gas dengan menggunakan Edmodo. Jenis penelitian ini adalah research and development, yaitu pengembangan media pembelajaran fisika dengan menggunakan Edmodo. Pengembangan memakai Model Borg & Gall hanya sampai lima tahap pertama dari sepuluh tahap yang dikemukakan, yaitu: (1) tahap pengumpulan informasi, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan produk awal, (4) tahap uji coba lapangan awal/terbatas, dan (5) tahap revisi produk utama. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar penilaian media oleh dosen ahli dan guru fisika, lembar angket respon siswa, lembar angket motivasi belajar siswa, dan lembar observasi kegiatan siswa. Aspek yang dinilai oleh dosen ahli dan guru fisika adalah tampilan, perangkat lunak, dan penyajian materi. Angket respon siswa berisi tentang aspek kemudahan dalam memahami media pembelajaran dan kemenarikan media. Teknik analisis data untuk mengetahui kelayakan menggunakan standar berskala lima dan peningkatan motivasi belajar menggunakan gain-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil pengembangan media pembelajaran fisika dengan menggunakan Edmodo layak digunakan pada pembelajaran materi pokok teori kinetik gas untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian dari dosen ahli dan guru fisika, dan kategori baik berdasarkan respon siswa (2) pembelajaran fisika dengan menggunakan Edmodo dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 pada materi pokok teori kinetik gas dengan kriteria sedang. Kata kunci: media pembelajaran, Edmodo, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Edmodo, motivasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 28 May 2015 23:59
Last Modified: 29 Jan 2019 22:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19623

Actions (login required)

View Item View Item