PENERAPAN SOFTWARE ENCORE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-D DALAM PEMBELAJARAN ARANSEMEN DI SMP NEGERI 1 BANTUL

Rihjayati, Erna (2013) PENERAPAN SOFTWARE ENCORE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-D DALAM PEMBELAJARAN ARANSEMEN DI SMP NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Erna Rihjayati 07208241022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa Kelas VIII-D dengan penerapan software Encore dalam pembelajaran aransemen di SMP Negeri 1 Bantul Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research), menggunakan model Kemmis dan Mc Taggert. Tindakan kelas dilakukan dengan dua siklus yang meliputi perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-D di SMP Negeri 1 Bantul. Metode penelitian data ini menggunakan hasi pengamatan proses belajar, tes evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis berupa rata-rata, persentase hasil belajar siswa dan rata-rata angket. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian dengan nilai rata-rata 8,0. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa Kelas VIII-D dengan penerapan software Encore dalam pembelajaran aransemen di SMP Negeri 1 Bantul. Hal tersebut dinyatakan dengan hasil rata-rata prasiklus sebesar 65,60 siswa belum ada yang mencapai nilai KKM. Pada siklus I siswa yang mencapai nilai diatas KKM sebesar 0%, siswa yang mencapai nilai yang sama dengan KKM sebesar 7,0%, dan siswa yang mencapai nilai dibawah KKM 93% dengan hasil rata-rata siklus I sebesar 74,10. Hasil pada siklus II siswa yang mencapai nilai diatas KKM sebesar 90%, siswa yang mendapat nilai sama dengan KKM sebesar 10% dan nilai dibawah KKM sebesar 0% dengan hasil rata-rata sebesar 83,77. Dari hasil evaluasi tersebut juga diperkuat dengan hasil angket yang menunjukkan hasil rata-rata prasiklus sebesar 61,80, siklus I sebesar 76,86 dan siklus II sebesar 78,30. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan software encore dalam pembelajaran aransemen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Software Encore, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Aransemen
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 28 May 2015 02:05
Last Modified: 29 Jan 2019 22:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19612

Actions (login required)

View Item View Item