PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PENDIDIKAN SADAR GENDER DI KELURAHAN WIROBRAJAN KOTA YOGYAKARTA

Listiyaningsih, Listi (2015) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PENDIDIKAN SADAR GENDER DI KELURAHAN WIROBRAJAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Listiyaningsih_11102241013.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penyelenggaraan pemberdayaan perempuan melalui pendidikan sadar gender, (2) dampak pendidikan sadar gender bagi perempuan (warga belajar) di Kelurahan Wirobrajan, (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan sadar gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengurus (ketua dan sekretaris), narasumber, serta anggota (warga belajar) pendidikan sadar gender di Kelurahan Wirobrajan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dibantu oleh pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, display data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyelenggaraan pendidikan sadar gender dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan meliputi penentuan tema belajar, narasumber, sosialisasi, dan persiapan sarana prasarana. Pendidikan sadar gender dilaksanakan dengan metode ceramah dibantu dengan media pembelajaran. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, (2) Dampak pelaksanaan pendidikan sadar gender antara lain timbulnya sikap dan kemauan warga belajar untuk berbagi pengetahuan gender kepada orang lain, timbul kepedulian terhadap permasalahan di lingkungan sekitar mengenai permasalahan gender, pergaulan dengan masyarakat lebih baik, serta kehidupan keluarganya lebih demokratis, kesempatan yang sama dalam pendidikan dan pekerjaan, dan menjadi tahu tindakan yang dilakukan ketika menghadapi KDRT, (3) Faktor pendukung penyelenggaraan pendidikan sadar gender antara lain komitmen dari ketua dengan dibantu sekretaris dalam menjalankan pendidikan sadar gender, respon positif warga belajar, dukungan pihak lain seperti KPMP, kelompok PKK kelurahan, perangkat kelurahan, serta adanya dana stimulan dari pemerintah. Faktor penghambatnya antara lain pengurus yang aktif hanya ketua dan sekretaris, waktu untuk melakukan persiapan maupun koordinasi kegiatan yang sulit diatur, dan materi pendidikan sadar gender tidak diberikan secara rutin. Kata kunci : pemberdayaan perempuan, pendidikan sadar gender, keluarga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 28 May 2015 23:59
Last Modified: 29 Jan 2019 22:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19598

Actions (login required)

View Item View Item