Aditya, Nugroho (2015) PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA DIKLAT KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.
|
Text
ADITYA NUGROHO (09503244013).pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA DIKLAT KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Oleh : Aditya Nugroho NIM. 09503244013 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi siswa pada mata diklat K3; (2) seberapa besar minat belajar berpengaruh terhadap prestasi siswa pada mata diklat K3; (3) seberapa besar motivasi dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi siswa pada mata diklat K3. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan dilakukan di SMK N 1 Sedayu pada kelas X Jurusan Teknik Pemesinan dengan jumlah Populasi sebanyak 32 Siswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket dan tes. Angket dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok untuk mengungkap data motivasi belajar dan minat belajar. Nilai tes digunakan untuk mengungkap prestasinya. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi siswa pada mata diklat keselamatan dan kesehatan kerja, dengan sumbangan sebesar sebesar 12,5 %, (2) minat belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi siswa pada mata diklat keselamatan dan kesehatan kerja, (3) Minat belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar sehingga tidak dapat dilakukan pengujian korelasi ganda. Kata Kunci: Motivasi, Minat dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Depositing User: | Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 28 May 2015 00:35 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19597 |
Actions (login required)
View Item |