PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Tiantaraputra, Riosa Oktaf (2014) PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Riosa Oktaf Tiantaraputra 10208244066.pdf

Download (65MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan peneliti terhadap kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di sekolah yang mana tidak hanya dengan minat dan bakat siswa mampu terpacu semangatnya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler paduan suara, namun juga dipengaruhi oleh daya dukung orangtua siswa. Berdasarkan hal itu peneliti ingin mengetahui apakah orangtua siswa memiliki persepsi positif ataukah negatif terhadap kegiatan ekstrakurikuler paduan suara yang dilaksanakan di SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menekankan pada perhitungan, angka, atau kuantitas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 278 orang yang terdiri atas siswa kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D dengan jumlah keseluruhan 136 orang serta siswa kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D dengan jumlah keseluruhan 142 orang. Dari jumlah populasi 278 orang siswa, peneliti hanya mengambil sampel sebanyak 10 orang siswa dari tiap kelas, sehingga total sampel sebanyak 80 orang siswa yang nantinya orangtua dari keseluruhan sampel tersebut digunakan sebagai responden penelitian Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi orangtua siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 14 Yogyakarta adalah positif. Hal ini ditunjukan dengan perolehan mean empirik sebesar 101,91 yang lebih besar dari mean teoritik 97,5 dan sebanyak 47 orangtua siswa (58,75%) menduduki kategori positif, sedangkan 33 orangtua (41,25%) menduduki kategori negatif. Hasil tersebut diperkuat dari perhitungan terhadap 5 aspek penelitian, yaitu sikap orangtua, apresiasi orangtua, motivasi orangtua, perhatian orangtua, dan harapan orangtua dengan perolehan mean empirik lebih besar dari mean teoritik dan dilihat dari tabel kategori, semua aspek menduduki kategori positif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi, ekstrakurikuler paduan suara
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 08:11
Last Modified: 29 Jan 2019 22:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19588

Actions (login required)

View Item View Item