PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT GAUN BAYI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Alicia C. Zvereva, Gadi (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT GAUN BAYI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Alicia C. Zvereva Gadi 10513245003.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT GAUN BAYI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Oleh : Alicia C. Zvereva Gadi NIM. 10513245003 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengungkap dan menganalisis 1) pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Busana Butik 4 SMK negeri 4 Yogyakarta, 2) peningkatan motivasi belajar membuat gaun bayi dengan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas X Busana Butik 4 di SMK N 4 Yogyakarta ditinjau dari aspek inisiatif aktifitas belajar siswa, aspek usaha belajar siswa, dan aspek ketepatan penyelesaian tugas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Taggart dengan empat tahapan yang meliputi (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Kelas yang terpilih adalah X Busana Butik 4 yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.Uji validitas berdasarkan kepada judgement expert dan uji reliabilitas dengan antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran membuat gaun bayi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar lebih baik dari yang sebelumnya yaitu semua siswa memperlihatkan motivasi belajar yang positif, ditunjukkan dengan 35 siswa mencapai skor motivasi belajar yaitu 22 siswa (62,86%) tergolong sangat tinggi dan 13 siswa (37,14%) tergolong tinggi dari yang sebelumnya masih terdapat 7 siswa (20%) tergolong rendah, 2) Peningkatan motivasi belajar siswa membuat gaun bayi dengan pendekatan keterampilan proses ditinjau dari aspek inisiatif aktifitas belajar siswa Siklus I terdapat 5 siswa (14,28%) tergolong sangat tinggi, 22 siswa (62,86%) tergolong tinggi, 7 siswa (20%) tergolong rendah dan 1 siswa (2,86%) tergolong sangat rendah meningkat menjadi 25 siswa (71,43%) tergolong sangat tinggi dan 10 siswa (28,57%) tergolong tinggi pada siklus II. Pada aspek usaha belajar siswa Siklus I terdapat terdapat 7 siswa (20%) tergolong sangat tinggi, 23 siswa (65,72%) tergolong tinggi dan 5 siswa (14,28%) tergolong rendah meningkat menjadi 18 siswa (51,43%) tergolong sangat tinggi dan 17 siswa (48,57%) tergolong tinggi pada siklus II. Pada aspek ketepatan penyelesaian tugas belajar Siklus I terdapat 21 siswa (60%) tergolong sangat tinggi, 13 siswa (37,14%) tergolong tinggi dan 1 siswa (2,86%) tergolong rendah meningkat menjadi 35 siswa (100%) tergolong sangat tinggi pada siklus II. Secara keseluruhan motivasi belajar siswa dalam membuat gaun bayi dengan pendekatan keterampilan proses mengalami peningkatan sebesar 14,44%, terbukti dari nilai rata-rata yang dicapai siklus I 41,66 dan meningkat menjadi 47,26 pada siklus II; dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : motivasi belajar, membuat gaun bayi, pendekatan keterampilan proses

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 28 May 2015 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 22:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19569

Actions (login required)

View Item View Item