IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK LEONARDO KLATEN

Rini, Sundari (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK LEONARDO KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
rini sundari_10110241019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan karakter di SMK Leonardo Klaten yang meliputi proses perumusan kebijakan dan pelaksanaan berbagai program pendidikan karakter yang ada di SMK Leonardo Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, empat orang wakil kepala sekolah, dua guru, serta sebelah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan pencermatan dokumen. Analisis data menggunakan model Interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Proses perumusan kebijakan pendidikan karakter di SMK Leonardo Klaten melalui proses akumulasi, artikulasi, dan berakhir dengan akomodasi dari pihak Yayasan Pangudi Luhur hingga muncul buku Kepangudiluhuran pada tahun 2003 sebagai wujud panduan pelaksanaan kebijakan pendidikan karakter di tingkat persekolahan. Kebijakan ini disikapi aktif oleh sekolah dalam hal penentuan program pendidikan karakter. Perumusan kebijakan melibatkan dan menekankan kepentingan semua pihak terkait. Progam pendidikan karakter: pendidikan kedisiplinan, pendidikan religiositas, rekoleksi, dan Rabu Kasih. 2) Pelaksanaan program pendidikan karakter berjalan dengan baik dan berhasil karena tujuan menciptakan lulusan yang unggul secara akademik, terampil dan juga berkarakter dapat tercapai. 3) Faktor pendukung meliputi: tingginya komitmen warga sekolah, suasana sekolah, sarana dan prasarana, peran aktif Yayasan Pangudi Luhur Semarang, dukungan orangtua dan komite sekolah, dunia industri dan dunia usaha. Faktor penghambat meliput: rendahnya komitmen guru baru, proses adaptasi siswa dan kurang pemahaman siswa, kurangnya pemahaman orangtua. Kata Kunci: implementasi kebijakan, pendidikan karakter, SMK Leonardo Klaten

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 28 May 2015 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 22:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19567

Actions (login required)

View Item View Item