PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DI SMA TAMAN MADYA SE-KOTA YOGYAKARTA

Ali, Surya Tomy (2014) PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DI SMA TAMAN MADYA SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ali surya tomy_10110241004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa terhadap pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara di SMA Taman Madya se-Kota Yogyakarta yang terkait dengan profil Ki Hajar dan Taman Siswa, tri pusat pendidikan, teori trikon, sistem among, dan trilogi kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X dan XI dengan jumlah 101 responden. Objek penelitian ini mengenai pemahaman siswa terhadap pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara. Instrumen penelitian menggunakan tes. Uji coba instrumen menggunakan uji validasi dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan kategori skor komponen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara di SMA Taman Madya se-kota Yogyakarta berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 69,31%. Dari 101 siswa, sebanyak 70 siswa (69,31%) memliki tingkat pemahaman tinggi, 30 siswa (29,70%) memiliki tingkat pemahaman sedang dan 1 siswa (0,99%) memiliki tingkat pemahaman rendah. Ada lima pokok bahasan yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman tersebut, yaitu (1) Pemahaman siswa terhadap profil Ki Hajar Dewantara dan Taman Siswa berada pada kategori sedang dengan nilai sebesar 68,32% responden (69 siswa). (2) Pemahaman siswa terhadap tripusat pendidikan berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 83,17% responden (84 siswa). (3) Pemahaman siswa terhadap teori trikon berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 59,41% responden (60 siswa). (4) Pemahaman siswa terhadap sistem among berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 88,12% (89 siswa), dan (5) Pemahaman siswa terhadap trilogi pendidikan berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 78,22% (79 siswa). Kata kunci: pemahaman siswa, pendidikan, Ki Hajar Dewantara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 28 May 2015 02:45
Last Modified: 29 Jan 2019 22:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19557

Actions (login required)

View Item View Item