KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SD NEGERI GRAULAN KULON PROGO

Rahmawati, Eka (2015) KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SD NEGERI GRAULAN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, faktor pendukung, penghambat, dan upaya untuk mengatasi hambatan dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif di kelas I dan IV SD Negeri Graulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan kelas IV, siswa kelas I dan kelas IV, serta kepala sekolah. Objek penelitian ini berupa bentuk kesiapan guru kelas dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu lembar analisis RPP, lembar observasi dan lembar wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SY dan guru HR sudah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Prinsip penyusunan RPP tematik integratif yang belum dipenuhi kedua guru adalah setiap RPP memuat KD dari KI-1 sampai KI-4. Prinsip pendekatan integrasi sudah dipenuhi kedua guru. Pelaksanaan pembelajaran kedua guru sudah menggunakan pendekatan saintifik walau tidak urut 5M serta sudah mengacu pada rambu-rambu dan prinsip pembelajaran tematik integratif. Guru SY dan guru HR menggunakan penilaian autentik yang menilai aspek sikap dengan observasi, pengetahuan dengan tes tertulis dan penugasan, dan keterampilan dengan unjuk kerja. Instrumen yang direncanakan dengan check list dan skala, tetapi tidak digunakan dalam pelaksanaan penilaian. Faktor pendukung berasal dari kepala sekolah, guru, sarana dan prasarana, lingkungan sekitar, dan orang tua siswa. Faktor penghambat muncul dalam pembuatan RPP, pelaksanaan pembelajaran, PJOK yang tidak diintegrasikan, ketercapaian pembelajaran, dan orang tua siswa. Kedua guru sudah aktif melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hambatan yang ditemui. Kata kunci: kesiapan guru kelas, pembelajaran tematik integratif, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 May 2015 02:45
Last Modified: 29 Jan 2019 22:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19551

Actions (login required)

View Item View Item