MAKNA LAGU KOYUNBABA (SUITE FṺR GITARRE OP.19) KARYA CARLO DOMENICONI: TELAAH SEMIOTIK PEIRCEIAN

Walidaini, Birul (2014) MAKNA LAGU KOYUNBABA (SUITE FṺR GITARRE OP.19) KARYA CARLO DOMENICONI: TELAAH SEMIOTIK PEIRCEIAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Birul Walidaini 08208244017.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dari tanda-tanda partikularitas yang terdapat pada teks atau partitur lagu Koyunbaba (Suite Für Gitarre Op.19) karya Carlo Domeniconi dengan pendekatan semiotik dari Charles Sander Peirce. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu tek atau partitur lagu Koyunbaba (Suite Für Gitarre Op.19) karya Carlo Domeniconi. Penelitian difokuskan pada permasalahan partikularitas atau keunikan yang dituangkan komposer kedalam lagu tersebut yang dikaji berdasarkan bentuk dan strukturnya terlebih dahulu, kemudian diidentifikasi dan dianalisis maknanya melalui pendekatan semiotik tipologi tanda dari Carles Sander Peirce. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (peer de breefing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tanda-tanda yang bersifat partikular dalam teks Koyunbaba ini tidak meninggalkan pondasi dasar dari sebuah musik bentuk suita, sehingga bias dikatakan bahwa Koyunbaba ini adalah representasi dari suita modern dengan ciri khasnya tersendiri. (2) pembagian empat movement dalam karya ini yang mereprentasikan bentuk musik suita melalui dukungan dari tanda-tanda yang lain salah satunya penggunaan salah satu pola introduction yang memang merupakan pola introduction dalam sebuah musik suita. (3) pengosongan tanda sukat sebenarnya merupakan sebuah tanda baru yang menuntut kita untuk lebih kritis memperhatikan tanda-tanda disekitar yang sangat berpeluang untuk mempengaruhi makna dari tanda pengosongan sukat itu sendiri. (4) keseriusan Carlo Domeniconi dalam mengangkat musik tradisional disini terlihat pada penggunaan judul dalam karya ini yaitu Koyunbaba yang merupakan bahasa Turki dan juga perubahan sistem tuning pada dawai gitar yang diubah sehingga benar-benar menyerupai nuansa pada musik tradisional Turki yaitu taqsim. Musik taqsim sendiri merupakan musik yang didominasi oleh permainan alat musik tradisional saz yang menyerupai alat musik gitar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Koyunbaba (Suite Für Gitarre Op.19), Carlo Domeniconi, Semiotik Peirce
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 04:47
Last Modified: 29 Jan 2019 22:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19532

Actions (login required)

View Item View Item