Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Masuknya Lansia ke Panti Jompo (Suatu Tinjauan di Panti Sosial Tresna Werdha Unit Abiyoso, Yogyakarta)

Purwanto, Edy (2015) Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Masuknya Lansia ke Panti Jompo (Suatu Tinjauan di Panti Sosial Tresna Werdha Unit Abiyoso, Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11413241012.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan sektor ekonomi membawa perubahan bagi sejumlah institusi kemasyarakatan baik pada lingkup makro maupun mikro. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat yang diikuti dengan tingginya angka harapan hidup di Kota Yogyakarta menyebabkan besarnya jumlah penduduk di usia lanjut. Merupakan suatu tantangan besar bagi penduduk usia lanjut yang berada pada masa transisi dimana mengalami penurunan kinerja tubuh secara fisik maupun psikis di era modern. Keluarga sebagai kesatuan individu justru menaruh skala prioritas pada sektor publik dibanding sektor domestik sehingga mengakibatkan terjadinya proses pelemahan pada fungsi-fungsi keluarga termasuk fungsi keluarga bagi lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang melatarbelakangi masuknya orang lanjut usia ke PSTW Abiyoso, Pakem Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Adapun sumber data utama yang digunakan yakni terdiri dari lanjut usia (klien), keluarga lanjut usia dan pengurus panti. Sumber data sekunder diperoleh melalui penelusuran dokumentasi dan kearsipan di PSTW. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi dengan teknik sampling yakni purposive sampling. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menjelaskan beberapa faktor penyebab masuknya lanjut usia ke Panti Jompo yang dibedakan menjadi faktor pendorong dan faktor penarik. Faktor penarik datang dari PSTW Abiyoso yang menjalankan pelayanan secara professional, yang menyediakan tiga program kerja unggulan serta mengadakan berbagai kegiatan pengembangan aspek fisik, psikis dan keterampilan. Lanjut usia senantiasa diberikan kebebasan berekspresi dan berekreasi serta pengelola Panti gencar melakukan sosialisasi dan kerjasama kepada masyarakat umum dan birokrasi pemerintahan. Adapun faktor pendorong disebabkan oleh kondisi lanjut usia yang terlantar secara sosial dan ekonomi, lanjut usia yang tidak memiliki keluarga dekat, dan anggota keluarga yang sibuk dengan pekerjaan dan keluarga barunya. Beberapa diantara lanjut usia yang hendak mencari kebahagiaan hidup bahkan juga disebabkan oleh keinginan pribadi para lanjut usia yang tidak ingin membebani perekonomian keluarganya. Kata Kunci : Faktor, Lanjut Usia, Panti

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 27 May 2015 04:35
Last Modified: 29 Jan 2019 22:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19527

Actions (login required)

View Item View Item