PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SEMESTER II KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI SMA NEGERI 1 PAKEM

Lestari, Dyah Ayu Dewi (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SEMESTER II KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI SMA NEGERI 1 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI Full -11413244020 .swf - Published Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebagai upaya mencapai kompetensi dasar sosiologi yang terdapat dalam Kurikulum 2013 serta meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) sebagai upaya pencapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran sosiologi kelas X semester II Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pakem, Sleman, Yogyakarta. Sekolah ini dipilih karena merupakan salah satu sekolah percontohan yang masih menerapkan Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, catatan harian, dan non tes (proyek). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Pakem yang berjumlah 31 orang. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk melihat aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dan informasi lain yang berbentuk kalimat. Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk mencari nilai rerata dan persentase keberhasilan belajar. Hasil penelitian ini adalah (1) tercapainya kompetensi dasar yang ditandai dengan meningkatnya penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran dilihat dari skor rata-rata proyek peserta didik pada siklus I sebesar 75 meningkat menjadi 86 pada siklus II; (2) meningkatnya aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode berbasis proyek dari siklus 1 sebesar 75% menjadi 81% pada siklus II yang meliputi kerjasama, perhatian, partisipasi dan presentasi; (3) respon peserta didik terkait penerapan metode berbasis proyek tergolong sangat baik; (4) peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk membuat perencanaan penelitian, melaksanakan penelitian dan membuat laporan hasil penelitian sosial sederhana serta mempresentasikannya. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek pada materi pokok sosiologi yang lain. Kata Kunci: metode pembelajaran berbasis proyek, kompetensi dasar sosiologi kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 27 May 2015 04:31
Last Modified: 29 Jan 2019 22:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19525

Actions (login required)

View Item View Item