Nugroho, Aditya (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF APRESIASI MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA BERBASIS ADOBE FLASH DI SMP N 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Aditya Nugroho 08208241030.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk pembelajaran CD interaktif apresiasi musik tradisional Nusantara dengan program adobe flash dalam mata pelajaran Seni Budaya. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kelayakan media CD interaktif apresiasi musik tradisional Nusantara dengan program adobe flash pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan adalah multimedia pembelajaran apresiasi musik tradisional nusantara yang bersifat interaktif. Model penelitian pengembangan dalam metode Research & Development adalah (1) Analisis Kebutuhan,(2) Pengembangan Produk, (3) Produk Awal, (4) Penilaian Ahli, (5) Uji Coba, (6) Produk Akhir. Uji coba pengembangan multimedia interaktif pembelajaran apresiasi musik tradisional Nusantara dilakukan di SMP N 1 Sleman, Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Multimedia yang dikembangkan dalam penelitian ini berisi teks, gambar, animasi slide, audio dan video yang memerlukan space atau ukuran 200 MB, dalam bentuk kepingan CD (compact disc). (2) Dari hasil penilaian ahli media disimpulkan bahwa multimedia interaktif apresiasi musik tradisional nusantara layak digunakan dilapangan. Uji coba produk terhadap guru seni musik selaku ahli materi menyimpulkan bahwa multimedia interaktif ini sangat menarik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 1 Sleman maupun di sekolah – sekolah lainnya. Sedangkan dari penilaian siswa dapat diketahui bahwa banyak siswa yang menyukai dan tertarik dengan multimedia pembelajaran apresiasi musik tradisional nusantara ini, terutama pada saat mendengarkan bunyi lagu-lagu tradisional Nusantara dan melihat video musik tradisional Nusantara. Hal itu ditunjukkan dengan hasil angket penilaian siswa yaitu dari 23 siswa, yang kurang tertarik hanya 4 siswa, dan didapatkan persentase 82%, maka dapat dikatakan bahwa penilaian multimedia interaktif apresiasi musik tradisional nusantara masuk kategori layak dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar karena berada di antara kategori setuju dan sangat setuju bahwa penilaian multimedia tersebut baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, adobe flash |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 27 May 2015 04:32 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19524 |
Actions (login required)
View Item |