Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur

Akhmad Adib, Setyawan (2015) Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AKHMAD ADIB 11503242002.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Oleh: Akhmad Adib Setyawan 11503242002 ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin dengan metode pembelajaran CTL; (2) Mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Gambar Teknik Mesin dengan metode pembelajaran CTL. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2013 hingga September 2013 di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. Subjek penelitian ini adalah 37 siswa kelas XI MA jurusan teknik pemeliharaan mekanik industri. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data tentang aktivitas siswa diperoleh melalui observasi kelas dan dianalisis untuk membandingkan tingkat aktivitas siswa pada setiap siklus. Data tentang prestasi belajar diperoleh melalui tes tertulis dan tes praktek kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin dengan menggunakan metode CTL. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa yang terlihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,59% (cukup) meningkat 9,72% pada siklus II menjadi 77,31% (baik), dan meningkat 9,26% pada siklus III menjadi 86,57% (sangat baik). Dari 9 aspek yang diamati pada siklus I, 5 aspek masih dibawah KKM yaitu dalam aspek kesiapan siswa menerima pelajaran, keberanian siswa untuk bertanya, keberanian siswa dalam menyajikan temuannya, kemampuan siswa menghubungkan materi dengan kehidupan nyata, dan kemampuan memecahkan masalah. Pada siklus II hanya 1 aspek yang belum mencapai KKM, yaitu keberanian siswa dalam menyajikan temuannya. Sedangkan pada siklus III semua aspek yang diamati sudah mencapai KKM. Adanya peningkatan prestasi belajar terlihat dari peningkatan rata-rata nilai tes praktek dan nilai tes tertulis. Nilai tes praktek pada siklus I yaitu 75,73 meningkat menjadi 77,43 di siklus II dan menurun sedikit pada siklus III yaitu menjadi 76,93. Namun semua siswa memperoleh nilai diatas KKM pada siklus III. Sedangkan nilai tes tertulis pada siklus I yaitu 67 meningkat menjadi 72,95 di siklus II dan siklus III meningkat menjadi 77,08. Kata kunci : Contextual Teaching And Learning (CTL), Gambar Teknik Mesin, Aktivitas dan Prestasi Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 May 2015 04:08
Last Modified: 29 Jan 2019 22:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19515

Actions (login required)

View Item View Item