PERBANDINGAN PENGARUH LATIHAN MELALUI METODE BERMAIN DAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER SD NEGERI WEDIWUTAH TAHUN 2014/2015

Krisna Girindra Putra, Krisna Girindra (2015) PERBANDINGAN PENGARUH LATIHAN MELALUI METODE BERMAIN DAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER SD NEGERI WEDIWUTAH TAHUN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KRISNA GIRINDRA PUTRA_07601241058.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penguasaan teknik dasar passing bawah peserta ekstrakurikuler SD Negeri Wediwutah tahun 2014/2015 masih rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan passing bawah melalui metode bermain dan metode drill kemudian membandingkan dari kedua metode tersebut yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler SD Negeri Wediwutah Gunungkidul, sejumlah 30 siswa. Pengambilan data menggunakan survey, dengan instrumen berupa tes. Tes yang digunakan adalah Brumbach forearm pass wall volley test yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data menggunakan t-test, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan passing bawah melalui metode bermain sebesar 32,02% dan melalui metode drill sebesar 21,78%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan passing bawah melalui metode bermain lebih besar dibandingkan melalui metode drill.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 27 May 2015 03:56
Last Modified: 29 Jan 2019 22:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19512

Actions (login required)

View Item View Item