PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR PENGENALAN SINYAL WASIT DALAM PERMAINAN BOLABASKET UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Wahyu Rajasa, Wahyu Rajasa (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR PENGENALAN SINYAL WASIT DALAM PERMAINAN BOLABASKET UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Secara umum pada mata pelajaran pendidikan jasmani yang lebih banyak berada di luar kelas sangat dibutuhkan media untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar. Pada pembelajaran pendidikan jasmani di SMA terdapat pembelajaran permainan bolabasket. Dalam permainan bolabasket terdapat peraturan mengenai sinyal wasit, dan baiknya siswa mengerti tentang peraturan sinyal wasit agar pembelajaran dapat mempermudah jalannya pembelajaran permainan bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran kartu bergambar dalam memperkenalkan sinyal wasit dalam permainan bolabasket untuk siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang menggunakan prosedur penelitian dari Sugiyono yang mengalami modifikasi. Peneliti menggunakan 8 dari 10 langkah Sugiyono, yaitu identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan bahan, desain produk, pembuatan produk, validasi oleh ahli materi dan ahli media, revisi produk, produk akhir, serta uji coba terbatas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA N 1 Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Analisis data dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan kartu bergambar dengan pokok bahasan materi (sinyal wasit dalam permainan bola basket) ini dikategorikan layak dengan tingkat kelayakan sebesar 90% dan dari segi kelayakan media sebesar 88%. Berdasarkan uji coba kelompok kecil, kelayakan dari kartu bergambar pengenalan sinyal wasit sebesar 95% dan kelompok besar sebesar 87%. Secara keseluruhan kartu bergambar ini telah dinyatakan layak digunakan sebagai media pengenalan sinyal wasit dalam permainan bolabasket untuk siswa SMA setelah melalui dua tahap uji coba

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 27 May 2015 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 22:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19508

Actions (login required)

View Item View Item