PenerapanPembelajaranStudentTeamsAchievementDivisionDenganLembarKerjaSiswaDalamUpayaMeningkatkanMotivasiBerprestasiSiswadiSMKMuammadiyah3Yogyakarta

M.Abikusno C, M.Abikusno C (2015) PenerapanPembelajaranStudentTeamsAchievementDivisionDenganLembarKerjaSiswaDalamUpayaMeningkatkanMotivasiBerprestasiSiswadiSMKMuammadiyah3Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
a abikusno c.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PenerapanPembelajaranStudentTeamsAchievementDivisionDenganLembarKerjaSiswaDalamUpayaMeningkatkanMotivasiBerprestasiSiswadiSMKMuammadiyah3Yogyakarta Oleh:M.AbikusnoC ABSTRAK PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanprosespembelajaranuntukmeningkatanmotivasiberprestasisiswaProgramKeahlianTeknikOtomotfKompetensiKeahlianTeknikMekanikOtomotifSMKMuhammadiyah3Yogyakartapadastandarkompetensiteorimemelihara/servissistembahanbakarbensinmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD). Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas(PTK),padaprosesnyamenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.ObjekpenelitianiniadalahsiswakelasXITMO4diSMKMuhammadiyah3Yogyakartadengan28siswa.Sistematikapelaksanaanpenelitianinimenerapkan3siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapan,yaituplanning,acting,observingdanreflecting.Planningberdasarkanstudipendahuluan,yaitudenganmengelompokkansiswa,memberikesempatansiswauntukberdiskusidanmemastikansetiapindividuanggotakelompokmenguasaimateri.ObservingmotivasiberprestasisiswamelaluiobservasilangsungkedalamkelaspadasaatpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberlansungsedangkanhasilbelajarbelajarsiswadiukurdenganmelaksanakanpretestpadaawalpertemuandanmengadakanposttestpadaakhirpertemuan.Reflectingdilakukandenganmengevaluasikekurangandaritiap-tiapsiklusuntukperbaikanpadaperencanaanpelaksanaansiklusberikutnya. Datadianalisisdengantekniktriangulasiyaitudengancaramembandingkandataobservasiwawancaragurudenganhasilpelaksanaanmelaluitahapaneduksi,paparandatadanpenyimpulan.HasilpenelitianmenunjukkanpeningkatanmotivasiberprestasiyangdilihatdaripeningkatanangkakeaktifanpositifpadasiklusI:32,31%;siklusII:48,00%;danpadasiklusIIImenjadi60,38%sertaangkakeaktifannegatifsiswapadasiklusI:42,31%;siklusII:27,20%;dansiklusIIImenjadi14,62%.Sedangkanhasilbelajarsaatobservasi5,75;siklusIsebesar6,36;siklusIIsebesar6,69dansiklusIIIsebesar7,23.Jadisemakinmeningkatnyamotivasiberprestasisiswaakansemakinmeningkatpulahasilbelajarsiswa.Kat akunci:PTK,pembelajarankooperatifSTAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 27 May 2015 02:16
Last Modified: 29 Jan 2019 22:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19504

Actions (login required)

View Item View Item