M.Abikusno C, M.Abikusno C (2015) PenerapanPembelajaranStudentTeamsAchievementDivisionDenganLembarKerjaSiswaDalamUpayaMeningkatkanMotivasiBerprestasiSiswadiSMKMuammadiyah3Yogyakarta. S1 thesis, UNY.
|
Text
a abikusno c.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
PenerapanPembelajaranStudentTeamsAchievementDivisionDenganLembarKerjaSiswaDalamUpayaMeningkatkanMotivasiBerprestasiSiswadiSMKMuammadiyah3Yogyakarta Oleh:M.AbikusnoC ABSTRAK PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanprosespembelajaranuntukmeningkatanmotivasiberprestasisiswaProgramKeahlianTeknikOtomotfKompetensiKeahlianTeknikMekanikOtomotifSMKMuhammadiyah3Yogyakartapadastandarkompetensiteorimemelihara/servissistembahanbakarbensinmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD). Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas(PTK),padaprosesnyamenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.ObjekpenelitianiniadalahsiswakelasXITMO4diSMKMuhammadiyah3Yogyakartadengan28siswa.Sistematikapelaksanaanpenelitianinimenerapkan3siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapan,yaituplanning,acting,observingdanreflecting.Planningberdasarkanstudipendahuluan,yaitudenganmengelompokkansiswa,memberikesempatansiswauntukberdiskusidanmemastikansetiapindividuanggotakelompokmenguasaimateri.ObservingmotivasiberprestasisiswamelaluiobservasilangsungkedalamkelaspadasaatpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberlansungsedangkanhasilbelajarbelajarsiswadiukurdenganmelaksanakanpretestpadaawalpertemuandanmengadakanposttestpadaakhirpertemuan.Reflectingdilakukandenganmengevaluasikekurangandaritiap-tiapsiklusuntukperbaikanpadaperencanaanpelaksanaansiklusberikutnya. Datadianalisisdengantekniktriangulasiyaitudengancaramembandingkandataobservasiwawancaragurudenganhasilpelaksanaanmelaluitahapaneduksi,paparandatadanpenyimpulan.HasilpenelitianmenunjukkanpeningkatanmotivasiberprestasiyangdilihatdaripeningkatanangkakeaktifanpositifpadasiklusI:32,31%;siklusII:48,00%;danpadasiklusIIImenjadi60,38%sertaangkakeaktifannegatifsiswapadasiklusI:42,31%;siklusII:27,20%;dansiklusIIImenjadi14,62%.Sedangkanhasilbelajarsaatobservasi5,75;siklusIsebesar6,36;siklusIIsebesar6,69dansiklusIIIsebesar7,23.Jadisemakinmeningkatnyamotivasiberprestasisiswaakansemakinmeningkatpulahasilbelajarsiswa.Kat akunci:PTK,pembelajarankooperatifSTAD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Depositing User: | Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 27 May 2015 02:16 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19504 |
Actions (login required)
View Item |