FAKTOR-FAKTOR PENGARUH MINAT MASUK PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMK KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI KABUPATEN BANTUL

Dony Rukmana, Putra (2015) FAKTOR-FAKTOR PENGARUH MINAT MASUK PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMK KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
08502242008-SKRIPSI-lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor pengaruh minat masuk perguruan tinggi bagi siswa SMK kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin dengan menggunakan angka-angka yang diperkuat data informasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII di SMK Kabupaten Bantul dengan sampel sebanyak 56 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), Uji validitas instrumen penelitian dilakukan dengan validitas konstruksi yaitu dengan jalan mengkonsultasikan butir-butir instrumen yang telah disusun kepada ahli (judgemen experts). Uji validitas juga dengan faktor analisis (factor analysis) dengan bantuan program SPSS versi 17. Uji realiabilitas instrumen dihitung dengan cara konsistensi internal menggunakan formula Alpha dengan bantuan program SPSS versi 17. Besarnya faktor-faktor pengaruh minat dianalisa dengan metode deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor pengaruh minat masuk perguruan tinggi bagi siswa SMK kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Kabupaten Bantul dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu faktor dalam diri sendiri, faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekolah. Dengan rata-rata masing-masing faktor sebagai berikut: faktor dalam diri sendiri sebesar 75,97% dalam kategori tinggi, faktor lingkungan keluarga sebesar 69,14% dalam kategori tinggi, dan faktor lingkungan sekolah sebesar 64,66% dalam kategori tinggi. Kata kunci: faktor-faktor pengaruh, minat masuk, perguruan tinggi, teknik komputer dan jaringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 27 May 2015 02:12
Last Modified: 29 Jan 2019 22:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19503

Actions (login required)

View Item View Item