Ahmad, Yulianto (2015) PEIYERAPAI\I METODE TMMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTT]K MENINGKATKAN HASIL BELA.IAR SISWA KELAS XI PADA IT{ATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIX' JURUSA]\I TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 2 YOGYAI(ARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Ahmad Anton Wahyu 07520241002.pdf Download (27MB) | Preview |
Abstract
PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh: Ahmad Yulianto 08504241028 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif melalui penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) pada kelas XI TKR 2 SMK N 2 Yogyakarta; 2) mencapai ketuntasan klasikal kelas ≥85%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR 2 Semester Genap Tahun Akademik 2012/2013 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan pada setiap akhir siklus dilakukan evaluasi siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode TGT dan pelaksanaan tes tertulis pada setiap akhir siklus. Penelitian ini diawali dengan observasi pra-penelitian untuk mengetahui mengetahui proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan untuk memperoleh data nilai siswa sebagai dasar untuk menentukan pembagian tim berdasarkan heterogenitas akademis. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode TGT diawali dengan presentasi materi dari guru mata pelajaran, dilanjutkan dengan kerja tim dan turnamen akademis. Setelah selesai turnamen dilakukan tes tertulis dan pemberian rekognisi kepada tim terbaik turnamen. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode TGT dilakukan dengan siklus yang berkelanjutan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TKR 2. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentase ketuntasan klasikal kelas sebagai berikut: pada pra-penelitian nilai ratarata siswa adalah 74 dan persentase ketuntasan klasikal kelas 55,88%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,06 dan persentase ketuntasan klasikal kelas 82,35%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,48 dan persentase ketuntasan klasikal kelas 85,29% sehingga sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan klasikal yang ditentukan oleh sekolah. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan metode TGT dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mencapai ketuntasan klasikal kelas ≥85%. Kata kunci: metode teams games tournament, tgt, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 28 May 2015 02:43 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19501 |
Actions (login required)
View Item |