PROSES PEMBELAJARAN DAN KELAYAKAN SARANA BENGKEL SISWA TEKNIK PEMESINAN DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN

DONY SETYO, HERMAWAN (2015) PROSES PEMBELAJARAN DAN KELAYAKAN SARANA BENGKEL SISWA TEKNIK PEMESINAN DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
66.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PROSES PEMBELAJARAN DAN KELAYAKAN SARANA BENGKEL SISWA TEKNIK PEMESINAN DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN Oleh: DONY SETYO HERMAWAN NIM. 08503244034 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui persepsi siswa tentang proses pembelajaran di SMK Nasional Berbah Sleman. (2) mengetahui persepsi siswa tentang kelayakan sarana bengkel di SMK Nasional Berbah Sleman. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian expost facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Jurusan Teknik Pemesinan kelas X dan XI di SMK Nasional Berbah Sleman yang berjumlah 70 orang, sedangkan penentuan jumlah sampel dari populasi menggunakan Rumus Slovin dan didapatkan hasil 58 orang dengan taraf kesalahan yang digunakan sebesar 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) menurut persepsi siswa proses pembelajaran di SMK Nasional Berbah Sleman dinyatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari variabel proses pembelajaran dengan nilai persentase 76% dari skor maksimal 100% dari yang diharapkan. (2) menurut persepsi siswa kelayakan sarana bengkel di SMK Nasional Berbah Sleman dinyatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari variabel kelayakan sarana dengan nilai persentase 66% dari skor maksimal 100% dari yang diharapkan. Kata kunci : Proses pembelajaran dan kelayakan sarana praktik,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 27 May 2015 01:51
Last Modified: 29 Jan 2019 22:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19499

Actions (login required)

View Item View Item