PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENGAJARAN LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Yoga, Prayogi (2015) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENGAJARAN LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
21.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENGAJARAN LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF DI SMK N 3 YOGYAKARTA Oleh: Yoga Prayogi NIM. 10504244033 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh model Problem Based Learning dan model pengajaran langsung terhadap keterampilan memecahkan masalah pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif peserta didik kelas X SMK N 3 Yogyakarta tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk melihat akibat dari suatu perlakuan. Variabel dependen yaitu keterampilan memecahkan masalah, variabel independen yaitu model pembelajaran (PBL dan pengajaran langsung). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK N 3 Yogayakarta tahun ajaran 2014-2015. Kelompok sampel yang diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas X KR 3 dengan jumlah peserta didik 32 orang menggunakan model PBL dan kelompok sempel kedua kelas X KR 4 dengan jumlah peserta didik 32 orang menggunakan model pengajaran langsung. Data penelitian dikumpulkan menggunakan pretes dan postes keterampilan memecahkan masalah. Analisi data menggunakan normalized gain dan uji t-test. Hasil penelitian uji t-test diperoleh nilai F 0,000 dengan signifikasi 0,000. Hasil ini membuktikan adanya perbedaan pengaruh pembelajaran model PBL dan pengajaran langsung terhadap keterampilan memecahkan masalah pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif peserta didik kelas X SMK N 3 Yogyakarta tahun ajaran 2014-2015. Berdasarkan rerata nilai gain untuk kelas PBL lebih tinggi dibandingkan kelas pengajaran langsung. Nilai gain kelas PBL yaitu 0,63 dan kelas pengajaran langsung sebesar 0,43. Kata kunci: problem based learning, pengajaran langsung dan keterampilan memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 27 May 2015 01:46
Last Modified: 29 Jan 2019 22:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19498

Actions (login required)

View Item View Item