MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA UNTUK PEMULA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH

Agustina, Tri Wijaya (2015) MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA UNTUK PEMULA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Agustina Dwi 08520244049.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA UNTUK PEMULA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Oleh : Agustina Tri Wijaya NIM. 07520244034 ABSTRAK Kemajuan teknologi pendidikan saat ini mengindikasikan bahwa perkembangan teknologi semakin maju. Penggunaan bahasa asing pun dibutuhkan untuk standarisasi internasional. Salah satu contohnya adalah penggunaan bahasa Jepang dalam berbagai proses pendidikan dan perdagangan. Oleh karena itu tuntutan mempelajari huruf Jepang semakin banyak. Namun media pembelajarannya masih tradisional yaitu berupa kertas, kartu, dan buku yang terkesan kurang menarik dan membosankan, sehingga orang masih sulit mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran huruf Hiragana dan Katakana serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2011 di Focus Group Discussion (FGD) yang ada di lembaga kursus “Pusat Budaya Jepang (PBJ)”. Subyek dalam penelitian ini adalah FGD PBJ yang berjumlah 15 orang. Obyek penelitian ini adalah media pembelajaran huruf Hiragana dan Katakana berbasis multimedia. Penelitian dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: standar kompetensi, potensi dan masalah, analisis kebutuhan, desain dan implementasi, produk, validasi ahli, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara tidak terstruktur. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil validasi yang dilakukan kepada ahli materi menyatakan bahwa materi dalam media pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan layak untuk digunakan. Begitu pula validasi ahli media yang menyatakan media pembelajaran sesuai dengan kriteria multimedia yang baik dan layak digunakan dengan tingkat kualitas sebesar 84,6%. Berdasarkan hasil ujicoba kepada pengguna, media pembelajaran dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk membantu mempermudah proses pembelajaran. Kata kunci : media pembelajaran, multimedia, huruf Hiragana dan Katakana, Macromedia Flash 8.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 28 May 2015 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 22:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19497

Actions (login required)

View Item View Item