PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMA N 1 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

ABRAM RINEKSO, LANGGENG (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMA N 1 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abram rinekso langgeng 08520244021.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya minat belajar adalah kurang tepatnya penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu dibutuhkan satu alternatif untuk mengembangkan pembelajar Alternatif itu adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Facilitator And Explaining belajar sebelum dan sesudah diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah dan menggunakan strateg mengetahui perbedaan minat belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran minat belajar siswa yang diberi pembelaj SMA N 1 Mertoyudan Magelang Jenis penelitian ini adalah desain penelitian non ini adalah semua siswa kelas X 288 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampel sebanyak 64 siswa yang te kelas eksperimen dan kelas X berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan menggunakan empat skala instrumen menggunakan instrumen diuji dengan menggunakan digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskrip uji t (t test). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran meggunakan metode ceramah dan strategi pembe Facilitator And Explaining sebelum sebesar 58,44 rata-rata minat belajar sebelumnya sebesar disimpulkan bahwa dibandingkan kelas kontrol. (4,7200) > t tabel (1,6706), t antara penerapan strategi pembelajaran dengan metode ceramah. vii METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PELAJARAN TIK DI SMA N 1 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Oleh : Abram Rinekso Langgeng NIM : 08520244021 ABSTRAK Explaining. Penelitian ini bertujuan m rategi pembelajaran Student Facilitator And Explaining engetahui ggunakan Student Facilitator And Explaining pembelajaran menggunakan met Magelang. quasi eksperimental dengan menggunakan nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian SMA N 1 Mertoyudan Magelang purposive sampling terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X B1 B2 sebagai kelas kontrol, masing likert trumen expert judgement dan product moment Alpha Cronbach. Analisis data yang nelitian minat belajar sebelum dan sesudah diberi yaitu pada kelas kontrol nilai rata-rata minat belajar 44, dan sesudahnya sebesar 67,8. Pada kelas eksperimen nilai 59,03, dan sesudahnya nilai rata-rata minat belajar kelas eksperimen lebih tinggi Berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung 7200) terdapat perbedaan minat belajar yang signifikan Student Facilitator And Explaining

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 27 May 2015 01:48
Last Modified: 27 May 2015 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19496

Actions (login required)

View Item View Item