PENINGKATAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KLATEN UTARA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING

Ibnu, Farhatani (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KLATEN UTARA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
20.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KLATEN UTARA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING Oleh: Ibnu Farhatani NIM. 10501241020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui penggunaan metode Discovery Learning dalam meningkatkan kompetensi askep kognitif dalam memahami rangkaian resistif arus searah pada pembelajaran program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. 2) Mengetahui penggunaan metode Discovery Learning dalam meningkatkan kompetensi askep afektif dalam memahami rangkaian resistif arus searah pada pembelajaran program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X LC Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara pada bulan Agustus-September 2014 dengan menyesuaikan jadwal pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) instrumen tes yaitu pretes dan postes; 2) lembar penilaian aspek afektif siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas berupa catatan empat orang ahli yaitu dua dosen jurusan elektro dan dua orang guru mata pelajaran terkait. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah mereduksi data, yaitu menyeleksi data sesuai dengan fokus masalah. Hasil penelitian yang diperoleh yakni: 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode discovery dapat meningkatkan kompetensi siswa aspek kognitif dari nilai rata-rata 76,36 menjadi 80,78, terjadi peningkatan sebesar 4,42. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode discovery dapat meningkatkan kompetensi siswa aspek afektif, terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 46,68% dan 54,98%, sedangkan pada siklus II sebesar 71,09 dan 75,29%. Kata Kunci: kompetensi siswa, metode discovery learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 27 May 2015 01:43
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19494

Actions (login required)

View Item View Item