Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Kompetensi Dasar Membuat Minuman Non Alkohol dengan Menggunakan Adobe Flash CS3

Asri, Apriliasari (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Kompetensi Dasar Membuat Minuman Non Alkohol dengan Menggunakan Adobe Flash CS3. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
19.pdf

Download (69MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Kompetensi Dasar Membuat Minuman Non Alkohol dengan Menggunakan Adobe Flash CS3 Oleh : Asri Apriliasari 09511241028 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif pada kompetensi dasar membuat minuman non alkohol dengan menggunakan Adobe Flash CS3, 2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif pada kompetensi dasar membuat minuman non alkohol dengan menggunakan Adobe Flash CS3. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research & development) dengan lima langkah, yaitu : analisis kebutuhan, membuat produk awal, validasi dan revisi, uji coba terbatas, dan produk akhir. Pelaksanaan penelitian dimulai dari tahapan analisis, pembuatan rancangan, pembuatan produk awal sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Validasi dan revisi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sesuai dengan saran yang diberikan. Setelah revisi dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif minuman non alkohol oleh siswa. Jumlah responden adalah 30 siswa kelas XI Jasa Boga 3 di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan mengkatagorikan hasil penilaian siswa terhadap media pembelajaran interaktif minuman non alkohol dengan skala kategori sangat layak, layak, cukup layak, kurang layak, dan sangat kurang layak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media pembelajaran interaktif minuman non alkohol dilakukan melalui lima langkah, yaitu: analisis kebutuhan, membuat produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba terbatas dan produk akhir. Analisis kebutuhan meliputi analisis kompetensi dasar, analisis materi dan analisis karakteristik siswa. Hasil analisis digunakan panduan pembuatan rancangan produk awal dengan pembuatan flowchart dan storyboard. Pembuatan produk awal sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Revisi dilakukan sesuai dengan saran yang diberikan oleh validator. Setelah direvisi dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui tingkat kelayakan media. 2) Penilaian tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif minuman non alkohol oleh ahli memperoleh hasil dengan penilaian ahli media 42,3%, ahli materi sebesar 82,7%, serta hasil penilaian siswa sebesar 56,7%. Dari hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif minuman non alkohol layak digunakan sebagai media pembelajaran Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Minuman Non Alkohol, Adobe Flash CS3

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 27 May 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19493

Actions (login required)

View Item View Item