PENGEMBANGAN ASPEK SOFT SKILLS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE PADA MATA PELAJARAN MEMBUBUT SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 GOMBONG

Muhammad Irfan, Arvianto (2015) PENGEMBANGAN ASPEK SOFT SKILLS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE PADA MATA PELAJARAN MEMBUBUT SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 GOMBONG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
17.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ENGEMBANGAN ASPEK SOFT SKILLS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE PADA MATA PELAJARAN MEMBUBUT SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 GOMBONG Oleh : Muhammad Irfan Arvianto 08503244014 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan soft skills siswa dengan cara menerapkan pembelajaran kooperatif agar proses pengembangan atau peningkatan soft skills siswa dapat dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas seperti komitmen, tanggung jawab, kerjasama, kreatifitas dan etika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dilaksanakan di SMK Negeri 1 Gombong. Setiap siklus dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil observasi siklus I, siklus II dan siklus III dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan soft skills siswa pada aspek komitmen, tanggung jawab, kerjasama, kreatifitas dan etika dengan langkah-langkah: menyusun strategi pembelajaran kooperatif, membuat jadwal tindakan, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menyusun lembar observasi, menyiapkan sumber belajar, menyiapkan media pembelajaran. Rata-rata keseluruhan aspek soft skills yang dimiliki siswa berdasarkan observasi pada siklus I sebesar 53,10 % (cukup), siklus II sebesar 61,10 % (tinggi) dan siklus III sebesar 64,90% (tinggi). Sedangkan hasil observasi pada setiap aspek soft skills yaitu, pada aspek komitmen diawali dengan siklus I sebesar 51 % (cukup), siklus II sebesar 63 % (tinggi) dan siklus III sebesar 66 % (tinggi). Pada aspek tanggung jawab diawali dengan siklus I sebesar 53 % (cukup), siklus II sebesar 59 % (cukup) dan siklus III sebesar 61 % (tinggi). Pada aspek kerjasama diawali siklus I sebesar 54 % (cukup), siklus II sebesar 70 % (tinggi) dan siklus III sebesar 71 % (tinggi). Pada aspek kreatifitas diawali dengan siklus I sebesar 53 % (cukup), siklus II sebesar 58 % (cukup) dan siklus III sebesar 65 % (tinggi). Pada aspek etika diawali dengan siklus I sebesar 53 % (cukup), siklus II sebesar 55 % (cukup) dan siklus III sebesar 62 % (tinggi). Dari keseluruhan hasil observasi di atas maka dapat dikatakan secara umum soft skills siswa mengalami peningkatan dengan diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif pada saat pembelajaran di kelas. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, soft skills, komitmen, tanggung jawab, kerjasama, kreatifitas, etika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 27 May 2015 01:32
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19490

Actions (login required)

View Item View Item