EVALUASI KOMPETENSI GURU SMK JURUSAN OTOMOTIF DALAM MEMBUAT SOAL BENTUK ESSAY SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2012

Dwi Prasetya, Wibowo (2015) EVALUASI KOMPETENSI GURU SMK JURUSAN OTOMOTIF DALAM MEMBUAT SOAL BENTUK ESSAY SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
16.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

EVALUASI KOMPETENSI GURU SMK JURUSAN OTOMOTIF DALAM MEMBUAT SOAL BENTUK ESSAY SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2012 Oleh: Dwi Prasetya Wibowo 11504247007 T ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru SMK jurusan otomotif se-Kabupaten Sleman dalam membuat soal essay. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri dan Swasta yang menyelenggarakan jurusan otomotif se-Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan komparatif. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) penyusunan kajian teori, (2) penyusunan instrument penilaian, (3) pengambilan data, (4) analisa data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan meliputi pengumpulan dokumen guru sebagai data, penilaian dokumen, penyajian data, membandingkan kelompok guru sertifikasi dengan guru belum sertifikasi dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program Ms Excel. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMK Jurusan Otomotif se-Kabupaten Sleman yang memiliki dokumen administrasi yang berhubungan dengan pembuatan soal bentuk essay dengan jumlah 44 guru. Data penelitian diambil dengan melakukan penilaian pada dokumen administrasi guru yang berhubungan dengan evaluasi terutama soal bentuk essay. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil tidak ada guru (0%) masuk kategori sangat kompeten, 4 guru (9%) masuk kategori kompeten, 8 guru (18%) masuk kategori kurang kompeten dan 32 guru (73%) masuk dalam kategori tidak kompeten dari jumlah keseluruhan responden 44 guru, dari hasil tersebut maka guru-guru SMK Jurusan Otomotif se-Kabupaten Sleman dikategorikan tidak kompeten dalam membuat soal bentuk essay. Analisis komparatif menggunakan uji Mann-Whitney U-Test nonparametris dengan ketetapan α = 0,01 (kesalahan 1%), karena persyaratan uji statistik parametris tidak terpenuhi. Hasil yang diperoleh z ≤ - 2,109 dan p > 0,0143 untuk pengujian z tanpa koreksi dan pengujian dengan koreksi angka sama z ≤ -0,05 dan p > 0,4801. Dari kedua harga p tersebut ternyata lebih besar dari α yang telah ditetapkan sebesar 0,01. Hal ini berarti bahwa tidak terdapat perbedaan kompetensi antara Guru-guru SMK Jurusan Otomotif se-Kabupaten Sleman yang telah bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi dalam menyusun soal bentuk essay. Kata kunci : Evaluasi, Membuat Soal Bentuk Essay

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 27 May 2015 01:26
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19489

Actions (login required)

View Item View Item