KEEFEKTIFAN TEKNIK GIST (GENERATING INTERACTIONS BETWEEN SCHEMATA AND TEXT) UNTUK PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 PAKEM SLEMAN

Wawan Setiawan, jauh Hari (2015) KEEFEKTIFAN TEKNIK GIST (GENERATING INTERACTIONS BETWEEN SCHEMATA AND TEXT) UNTUK PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 PAKEM SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
_Skripsi FIX.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui perbedaan kemampuan memahami teks eksposisi antara peserta didik kelas VII di SMPN 1 Pakem Sleman yang mendapat pembelajaran menggunakan teknik GIST dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan teknik GIST; (2) mengujicoba apakah teknik GIST efektif untuk pembelajaran memahami teks eksposisi pada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Pakem Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII di SMPN 1 Pakem. Penentuan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian diperoleh peserta didik kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII A sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dengan instrumen berupa tes pilihan ganda untuk mengetahui tingkat pemahaman isi teks. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir. Validitas isi dicapai melalui expert judgement. Penghitungan validitas butir soal menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Koefisien reliabilitas instrumen adalah 0,860. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum diadakan analisiss data, lebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan homogenitas varian. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan memahami teks eksposisi antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan teknik GIST dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan teknik GIST di SMPN 1 Pakem Sleman. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t data pretest dan posttest kemampuan memahami teks eksposisi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai P kelompok eksperimen sebesar 0,00 (P < 0,05 = signifikan) sedangkan nilai P kelompok kontrol sebesar 0,292 (P > 0,05 ≠ signifikan). (2) teknik GIST efektif untuk pembelajaran memahami teks eksposisi pada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Pakem Sleman. Hal tersebut dibuktikan dengan gainskor kelompok eksperimen sebesar 3,6875; dengan nilai th = 5,502, P = 0.00 ( P < 0,05 = signifikan). Pada kelompok kontrol terjadi peningkatan sebesar 0,5000; dengan th= 1,072, P = 0,292 (P > 0,05 ≠ signifikan).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 28 May 2015 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19486

Actions (login required)

View Item View Item