PENERAPAN MODEL MIND MAP PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X DI SMKN 1 SEYEGAN

Wachid Siambar, Buka (2015) PENERAPAN MODEL MIND MAP PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X DI SMKN 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
12.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL MIND MAP PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X DI SMKN 1 SEYEGAN Oleh: WachidSiambarBuka 08503241007 ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntuk: (1)Mengetahuitingkatkreativitassiswapadastandarkompetensipengetahuandasartek nikmesin di kelas XTFL-2 SMKN 1 Seyegansebelumditerapkanmetodemind map; (2) Mengetahui peningkatan kreativitassiswapadastandarkompetensipengetahuandasarteknikmesin di kelas XTFL-2 SMKN 1 Seyegansetelahditerapkanmetodemind map; dan(3) Mengetahuiperubahantingkatkreativitastiapsikluspenerapanmetodemind map. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas,berlangsung dalam III siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum memasuki tahap siklus I, II dan IIIterdapat tahap observasi yang berguna untuk mengetahui tingkatkreativitassiswa di kelas XTFL-2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XTFL-2 SMKN 1 Seyegan Tahun Ajaran 2012/2013danobyekpenelitiannyaadalahpembelajaranstandarkompetensipengetah uandasarteknikmesin. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angketkreativitas kepribadian, penilaian kebenaran pembuatan mind map, penilaian produkkreativitas mind mapdanlembarpengamatankeaktifansiswa. Data kuantitatif yang didapatkan kemudian dianalisis dengan statistika deskriptif. Hasil penelitian tindakankelasmenunjukkan: (1) Tingkat kreativitaskepribadian siswakelasXTF-2 SMKN 1 Seyegansebelumditerapkanmetodemind map, padahasilobservasimenunjukanskorsebesar 69; (2) Setelahpenerapanmetodemind map, tingkatkreativitassiswakelas XTFL-2 SMKN 1 Seyeganuntuk penilaian kebenaran pembuatan mind map menghasilkan skorsebesar50,82 di siklus I, kemudian65,55 di siklus II,sertasiklus III sebesar 78,55. Untuk penilaian produk kreativitas mind map siswa menghasilkan skor sebesar 47,77 di siklus I, kemudian60,55 di siklus II, sertasiklus III sebesar 76,95 menunjukantingkatkreativitas produksiswasudah diatasnilai minimal yaitu 75; (3) PerubahankreativitasproduktiapsiklusdarisiklusI kesiklus IIsebesar26,72% dari siklus IIkesiklus IIIsebesar16,40%, sedangkanpeningkatandari siklus I kesiklus III sebesar61,08%. Di setiapsiklusmengalamipeningkatan yang signifikanmelampauinilai minimal. Kata kunci: tingkatkreativitas, keaktifan belajardanmind map

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 27 May 2015 00:56
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19484

Actions (login required)

View Item View Item