ANALISIS SEMIOTIKA GERAK DASAR DAN PROPERTI PADA KESENIAN INCLING KRUMPYUNG “ LANGEN BEKSO WIROMO” DI GUNUNG REGO, HARGOREJO, KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Anggun Herliyani, Anggun (2015) ANALISIS SEMIOTIKA GERAK DASAR DAN PROPERTI PADA KESENIAN INCLING KRUMPYUNG “ LANGEN BEKSO WIROMO” DI GUNUNG REGO, HARGOREJO, KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Anggun Herliyani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisa semiotika terhadap kesenian Incling Krumpyung “Langen Bekso Wiromo” di Gunung Rego, Hargorejo, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah seniman kesenian Incling Krumpyung, perangkat desa, dan tokoh masyarakat di desa Hargorejo, yang bertindak selaku pengurus kesenian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi untuk deskripsi data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kebasahan data diperoleh dengan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bentuk penyajian kesenian Incling Krumpyung meliputi unsur-unsur yang mengandung makna semiotika di dalamnya yaitu gerak, iringan, tata rias, tata busana, dan tempat pertunjukan.2) Kesenian Incling Krumpyung merupakan hasil cipta manusia yang mempunyai kreativitas dalam menjalani kehidupan, dalam kehidupan manusia tidak jauh dari makna dan kesenian adalah bagian dari kehidupan manusia. 3) Sejarah terbentuknya grup Kesenian Incling Krumpyung di desa Hargorejo sebagai alat pemersatu masyarakat dari berbagai lapisan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: semiotika, bentuk penyajian, kesenian Incling Krumpyung
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 27 May 2015 01:06
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19481

Actions (login required)

View Item View Item