IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOLISTIK DI KELAS II A SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Susianti, Ika (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOLISTIK DI KELAS II A SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ika Susianti_10108241049.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran holistik pada tema “Hidup Rukun” di kelas II A SDIT Luqman AL-Hakim Internasional (SDIT LHI) Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah guru kelas II A SDIT LHI. Subyek yang dijadikan informan penelitian antara lain kepala sekolah, siswa kelas II A, dan orang tua. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran holistik SDIT LHI terdiri dari learning scope, unit plan, dan lesson plan karena mengacu pada kurikulum UK. Namun, terdapat ketidaklengkapan konten baik pada learning scope, unit plan, maupun lesson plan. Pelaksanaan pembelajaran holistik melalui keseluruhan bagian otak berjalan dengan baik karena guru sudah mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa secara seimbang, mempertimbangkan psikologis peserta didik melalui keberagaman pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa dan karakteristik siswa, adanya pemanfaatan lingkungan sosial saat berada di panti asuhan, pemanfaatan lingkungan budaya saat pengenalan makanan tradisional Yogyakarta, dan pemanfaatan alam saat jalan sehat di sekitar. Pelaksanaan pembelajaran holistik melalui kecerdasan majemuk sudah mencakup enam aspek kecerdasan yaitu spiritual, estetik, fisik, intelektual, emosional, dan sosial. Penilaian pembelajaran holistik antara lain penilaian portofolio berupa kumpulan worksheet, penilaian kinerja berupa kinerja presentasi dan pengamatan, penilaian tes saat UTS, dan penilaian proyek di minggu terakhir tema. Kendala yang dialami guru adalah proses penilaian kinerja dan proyek dilakukan saat pembelajaran berlangsung. Kata kunci: pembelajaran holistik, SDIT Luqman Al-Hakim Internasional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 May 2015 00:05
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19478

Actions (login required)

View Item View Item