PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI GIWANGAN, GOLO DAN UNGARAN I

Latifa, Aini (2015) PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI GIWANGAN, GOLO DAN UNGARAN I. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Latifa Aini.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa SD Negeri yang meliputi aspek: (1) kondisi koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan; (2) kondisi ruang baca yang ada di perpustakaan; (3) layanan sirkulasi yang ada di perpustakaan; (4) upaya kepala sekolah, guru dan pustakawan dalam melaksanakan pembinaan minat baca kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah guru, siswa, dan pustakawan di SD Negeri Kota Yogyakarta yang menjuarai Lomba Perpustakaan Sekolah pada tahun 2011. Sekolah tersebut yaitu SD Negeri Giwangan, Golo dan Ungaran I. Objek penelitian ini berupa pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa SD. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup, observasi, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis menggunakan metode statistik dengan rumus persentase untuk mengetahui sumbangan tiap-tiap aspek pelayanan perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan perpustakaan sekolah ditinjau dari aspek: (1) kondisi koleksi bahan pustaka diketahui sangat baik dengan perolehan skor untuk SD Negeri Giwangan menurut guru sebesar 85,9% dan siswa sebesar 87,5%, perolehan skor untuk SD Negeri Golo menurut guru sebesar 91,66% dan siswa sebesar 90,62%, perolehan skor untuk SD Negeri Ungaran I menurut guru sebesar 81,66% dan siswa sebesar 84,32%; (2) kondisi ruang baca di perpustakaan diketahui sangat baik dengan perolehan skor untuk SD Negeri Giwangan sebesar 97,79%, SD Negeri Golo sebesar 90,10%, dan SD Negeri Ungaran I sebesar 87,16%; (3) layanan perpustakaan diketahui sangat baik menurut guru, perolehan skor untuk SD Negeri Giwangan sebesar 86,53%, untuk SD Negeri Golo sebesar 90% dan untuk SD Negeri Ungaran I sebesar 89%, sedangkan layanan perpustakaan menurut siswa diketahui baik dengan perolehan skor untuk SD Negeri Giwangan sebesar 78,97%, SD Negeri Golo sebesar 80% dan SD Negeri Ungaran I sebesar 79,05%; (4) upaya, guru dan pustakawan dalam melaksanakan pembinaan minat baca kepada siswa diketahui sangat baik dengan persentase untuk SD Negeri Giwangan menurut guru sebesar 96,42% dan siswa sebesar 100%, persentase untuk SD Negeri Golo menurut guru sebesar 96,42% dan siswa sebesar 100%, persentase untuk SD Negeri Ungaran I menurut guru sebesar 89,28% dan siswa sebesar 92,02%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:16
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19473

Actions (login required)

View Item View Item