NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM KESENIAN CEPETAN DI DUSUN KARANGJOHO, DESA KARANGGAYAM, KECAMATAN KARANGGAYAM, KABUPATEN KEBUMEN

Donna Edy Kumala, Donna (2015) NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM KESENIAN CEPETAN DI DUSUN KARANGJOHO, DESA KARANGGAYAM, KECAMATAN KARANGGAYAM, KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah terciptanya kesenian Cepetan, nilai-nilai religius yang terkandung dalam kesenian Cepetan, dan tanggapan masyarakat mengenai keberadaan kesenian Cepetan di Dusun Karangjoho, Desa Karanggayam, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Setting penelitian dilakukan di Dusun Karangjoho, Desa Karanggayam, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen. Objek penelitian adalah kesenian Cepetan. Subjek penelitian yaitu ketua kesenian Cepetan, penari Cepetan, pemusik, masyarakat, serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dari triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data diperoleh melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Sejarah terciptanya kesenian Cepetan di Dusun Karangjoho, Desa Karanggayam, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen pada tahun 1943 yang diciptakan oleh Almarhum Bapak Lamijan (2) Nilai-nilai religius yang terdapat dalam kesenian Cepetan yaitu nilai moral, nilai silaturahmi, dan nilai keimanan (3) Tanggapan masyarakat mengenai keberadaan kesenian Cepetan yaitu kesenian Cepetan telah mendapat tempat di hati masyarakat karena masyarakat merasa bangga memiliki asset kesenian yang telah di wariskan oleh nenek moyang dan diakui oleh pemerintah Kabupaten sebagai kesenian khas daerah Kebumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Religi, Kesenian Cepetan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 26 May 2015 07:28
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19472

Actions (login required)

View Item View Item