EVALUASI PELAKSANAAN DIKLAT MANAJERIAL BASICEDUCATION CAPACITY TRUST FUND(BEC-TF) BAGI KEPALA SEKOLAH DASAR SE KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2011

Ken Utami, Juliani (2015) EVALUASI PELAKSANAAN DIKLAT MANAJERIAL BASICEDUCATION CAPACITY TRUST FUND(BEC-TF) BAGI KEPALA SEKOLAH DASAR SE KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2011. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ken Utami Juliani.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan program diklat manajerial BEC-TF bagi kepala sekolah dasar se Kabupaten Kulon Progo tahun 2011. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo pada bulan April sampai bulan Juni 2012. Subyek penelitian ini terdiri dari 64 kepala sekolah dasar se kabupaten Kulon Progo, 7 Narasumber dari UNY dan 6 panitia pendamping. Berdasarkan tujuan, penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan yaitu model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam & Shienkfield yang terdiri dari conteks, input, process dan output. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan wawancara, angket tertutup dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian mengenai evaluasi program diklat manajerial BEC-TF bagi kepala sekolah dasar se Kabupaten Kulon Progo Tahun 2011 adalah sebagai berikut: (1) Conteks, tujuan program dengan kebutuhan peserta diklat saling berkaitan sehingga diklat manajerial dapat menfokuskan pada topik materi yang sedang dibutuhkan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah. (2) Inputs, sangat baik dari segi ketersediaan narasumber berdasarkan kualifikasinya; cukup baik sebesar 61,32% dari segi pelayanan umum (asrama,menu makan, fasilitas kesehatan dan olah raga) yang diberikan panitia; sangat baik sebesar 84,56% dari segi kesiapan narasumber dalam proses belajar mengajar; baik sebesar 69,92% dari segi kesiapan peserta selama mengikuti diklat. (3) Process, baik sebesar 76,77% dari segi sikap dan perilaku (keaktivan) peserta selama PBM; baik sebesar 77,32% dari segi kompetensi narasumber, pendayagunaan sarana prasarana dalam menciptakan kondisi yang kondusif dan pendapat peserta tentang program diklat manajerial BEC-TF bagi kepala sekolah dasar se Kabupaten Kulon Progo. (4) Output, menunjukan bahwa hasil ujian akhir diperoleh melalui nilai post-test. Peserta mendapatkan nilai pre-test 78 dan postest 88. Sehingga diketahui adanya peningkatan nilai post-test dari nilai pre-test sebesar 12,82%. Sehingga menunjukan bahwa peserta diklat telah memahami materi yangdiberikan narasumber dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:14
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19470

Actions (login required)

View Item View Item