PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE INTERAKTIF PADA KOMPETENSI PRAKTEK MENGELAS JALUR LURUS POSISI BAWAH TANGAN MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK N 2 WONOSARI

AGUS, SUGIYARTO (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE INTERAKTIF PADA KOMPETENSI PRAKTEK MENGELAS JALUR LURUS POSISI BAWAH TANGAN MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Agus Sugiyarto 08503245006.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE INTERAKTIF PADA KOMPETENSI PRAKTEK MENGELAS JALUR LURUS POSISI BAWAH TANGAN MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK N 2 WONOSARI Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran dengan software interaktif Macromedia Flash sebagai pendukung pembelajaran mata pelajaran las busur manual, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran las busur manual untuk mata pelajaran las busur manual dan (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran las busur manual untuk mendukung pembelajaran las busur manual. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahap pengujian dilakukan terhadap kelayakan produk sebagai media pembelajaran. Validasi ahli dilakukan kepada dosen ahli materi dan ahli media pembelajaran untuk mendapatkan masukan saran mengenai kelayakan media dari segi materi maupun media. Pengujian kelayakan dilakukan dengan metode kuesioner kepada teman sejawat dan siswa SMK N 2 Wonosari Kelas X Jurusan Teknik Pengelasan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor skala lima (skala Likert) terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Pengujian efektivitas media pembelajaran las busur manual menggunakan metode pre-test & post-test dengan bentuk soal tes tertulis pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa: (1) desain media pembelajaran yang dikembangkan adalah: halaman intro, halaman petunjuk, halaman menu utama, halaman menu materi, halaman materi, halaman evaluasi, dan halaman penutup, (2) hasil penilaian kelayakan media pembelajaran dari ahli materi mendapat rerata skor sebesar 4,4 (sangat baik). Hasil penilaian ahli media mendapat rerata skor sebesar 3,6 (baik). Hasil penilaian teman sejawat mendapat rerata skor sebesar 4,0 (baik). Hasil penilaian siswa terhadap mendapat rerata skor 4,21 (baik), (3) hasil pengujian efektivitas media pembelajaran las busur manual menunjukkan rata-rata nilai pre-test sebesar 7,08, kemudian pada post-test ratarata nilainya naik menjadi 8,83, sehingga terjadi peningkatan nilai hasil tes sebesar 1,75 atau nilai hasil tes meningkat sebesar 20 persen. Kata kunci : Pengembangan, media pembelajaran, software macromedia flash, las busur manual.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 26 May 2015 07:09
Last Modified: 29 Jan 2019 22:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19464

Actions (login required)

View Item View Item