Agus, Fredy Hendrawan (2015) PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA JURUSAN OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Agus Fredy 05504241030.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA JURUSAN OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh : Agus Fredy Hendrawan NIM : 05504241030 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pengajaran guru antara metode ceramah dan diskusi terhadap hasil belajar kognitif siswa jurusan otomotif pada mata pelajaran motor bensin di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode experiment, dimana terdapat dua kelas yang akan dilakukan uji beda yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan metode diskusi dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Pengambilan data menggunakan metode test kompetensi dengan 30 soal pretest dan 30 soal posttest, soal yang sama pada tiap kelas. Validitas instrumens menggunakan judgement ahli. Reliabilitas instrumens menggunakan metode test try out dan dianalisa berdasarkan rumus KR-20. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian yang dilakukan menemukan bahwa terdapat pengaruh metode pengajaran guru yaitu antara metode ceramah dan metode diskusi terhadap hasil belajar kognitif siswa jurusan otomotif pada mata pelajaran motor bensin di SMK Negeri 3 Yogyakarta (thitung = 1,98 > ttabel = 1,66). Dimana terdapat kenaikan ratarata nilai hasil belajar kognitif kelas kontrol dari 49,91 menjadi 70,74 dan kenaikan rata-rata nilai hasil belajar kognitif kelas eksperimen dari 49,71 menjadi 74,12. Kata kunci : kognitif, metode pengajaran, kelas kontrol, kelas eksperimen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Dwi Surtiawan |
Date Deposited: | 27 May 2015 00:05 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19462 |
Actions (login required)
View Item |