TUGAS AKHIR SKRIPSI Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Box Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Instalasi Sistem Operasi Di SMK Negeri 2 Pengasih.

Agung, Pranantyo (2015) TUGAS AKHIR SKRIPSI Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Box Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Instalasi Sistem Operasi Di SMK Negeri 2 Pengasih. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Agung P 10502242004.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Box Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Instalasi Sistem Operasi Di SMK Negeri 2 Pengasih Oleh: Agung Pranantyo NIM. 10502242004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam instalasi sistem operasi di berbagai komputer dengan berbagai sistem operasi, dalam kenyataan siswa TKJ masih banyak yang belum mahir dan masih memerlukan bimbingan lagi, maka dengan media pembelajaran Virtual Box diharapkan siswa menjadi bertambah jam terbang pengalamannya dalam hal instalasi sistem operasi tanpa menggunakan komputer sekolah sebagai media pembelajaran, dikarenakan program Virtual Box itu sendiri mampu membuat komputer virtual di dalam laptop tiap masing-masing anak untuk dijadikan media pembelajaran pribadi tanpa resiko kerusakan dan kehilangan data. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan media pembelajaran sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 10 KJ2 SMK Negeri 2 Pengasih dengan jumlah keseluruhan 32 orang. Sistematika penelitian dirancang dengan 2 siklus terdiri dari 2 pertemuan tiap siklusnya. Pada siklus I siswa diajarkan menggunakan virtual box dengan baik dan benar dan memberikan bimbingan step by step instalasi sistem operasi Windows XP dan Seven. Pelaksanaan pada siklus II berdasarkan hasil refleksi siklus I dengan meningkatkan pemahaman pada materi sistem operasi dan memberi pekerjaan rumah supaya siswa terbiasa dengan media dan materi instalasi Linux yaitu Ubuntu dan fedora. Hasil belajar dan kemampuan siswa diukur dengan menggunakan angket aktivitas siswa yang diisi oleh peneliti serta hasil dari evaluasi belajar pada setiap pretest dan posttest di tiap - tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam praktikum instalasi sistem operasi mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 66.25% menjadi 88.75% pada siklus II. Sedangkan hasil dari posttest siklus I dari 73.5 menjadi 77.75 pada siklus II, dengan siswa diatas 75 ada 17 orang pada siklus I dan 23 siswa pada siklus II. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan dengan media pembelajaran Virtual Box,telah memperlihatkan meningkatnya kemampuan siswa dalam instalasi sistem operasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 27 May 2015 00:05
Last Modified: 29 Jan 2019 22:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19461

Actions (login required)

View Item View Item