PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS5 PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBAWAKAN ACARA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Galuh Widoera, Prakasa (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS5 PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBAWAKAN ACARA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang bertujuan (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS5 kompetensi dasar membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun untuk siswa SMP kelas VIII, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS5 pada pembelajaran ketrampilan membawakan acara berdasarkan ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian pengembangan ini mengadopsi langkah penelitian R&D Sugiyono, yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, desain produk, produk sementara, validasi produk sementara, revisi produk sementara, validasi produk akhir, revisi produk akhir, validasi praktisi pembelajaran, dan produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS5 layak digunakan dalam pembelajaran. Terbukti dengan tingkat pencapaian validasi materi 90%, tingkat pencapaian validasi media 80%, dan tingkat pencapaian validasi oleh praktisi pembelajaran Bahasa Indonesia 90.20%. Tiga pencapaian tersebut masuk dalam kriteria “Sangat Baik” dan dalam klasifikasi “Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 27 May 2015 00:05
Last Modified: 27 May 2015 00:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19454

Actions (login required)

View Item View Item