MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM KULLIYYATUL MU’ALLIMI AL-ISLAMIYAH MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL ROSYID BOJONEGORO JAWA TIMUR

Chafid, Rosyidi (2015) MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM KULLIYYATUL MU’ALLIMI AL-ISLAMIYAH MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL ROSYID BOJONEGORO JAWA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Chafid Rosyidi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen implementasi kurikulum Kulliyyatul Mu’alliin Al Islamiyah (KMI) di Madrasah Aliyah Al Rosyid yang mencakup 3 aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 6 (enam) orang informan yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan bahwa pihak-pihak yang bersangkutan merupakan sumber yang paling mengetahui tentang kondisi manajemen kurikulum KMI di MA Al Rosyid. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, staff TU, 2 guru dan siswa MA Al Rosyid. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaksi yang mencakup: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; (1) Perencanaan kurikulum KMI di MA Al Rosyid diawali dengan penyusunan konsep kurikulum integral yang mencoba memadukan antara pelajaran agama dan umum dalam sebuah penyelenggaraan pendidikan; (2) Pelaksanaan kurikulum disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang mencakup Penyusunan RPP dan silabus, penetapan SK/KD/SKL, pelaksanaan SI dan penyusunan struktur kurikulum dan pengaturan beban belajar. Adapun keunikan dan kekhasan dalam pengelolaan kurikulum yang diterapkan ini adalah keberhasilan Madrasah Aliyah Al Rosyid untuk memadukan berbagai unsur disiplin ilmu pendidikan dalam satu format kurikulum KMI yang menjadi keunggulan tersendiri dilihat dari para peserta didik yang menguasai kemampuan bahasa Arab dan Inggris secara aktif tanpa mengesampingkan ilmu-ilmu Agama dan Umum lainnya, dan untuk merealisasikannya sistem pengorganisasian kurikulum KMI yang digunakan adalah the broad fields design sebagai salah satu usaha untuk menghilangkan pemisahan berbagai materi pelajaran tersebut. Dari berbagai bentuk metode pengajaran yang dilakukan, terlihat bahwa KMI MA Al Rosyid menerapkan metode ganda (a double movement); dan (3) Evaluasi Kurikulum KMI diimplementasikan dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar untuk mengetahui ketercapaian kurikulum dan mengukur kemajuan santri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 02:31
Last Modified: 29 Jan 2019 22:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item View Item